Pandemi Covid-19, F1 Bakal Hilangkan Selebrasi di Podium

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 37 2229463 pandemi-covid-19-f1-bakal-hilangkan-selebrasi-di-podium-05tHxTd2C2.jpg Perayaan di podium F1 bakal diubah (Foto: Scuderia Ferrari)

ASHTON-UNDER-LYNE – Pandemi virus Corona Covid-19 bakal mengubah satu kebiasaan di Formula One (F1), terutama perayaan di podium. Direktur Teknik F1, Ross Brawn, memastikan perayaan terutama pemberian trofi dan saling menyemprot sampanye di podium akan dihilangkan.

Ajang balap jet darat tersebut sudah merilis jadwal baru untuk Kejuaraan Dunia F1 2020. Sebanyak delapan seri sudah dipersiapkan sejak 5 Juli 2020 di Austria hingga 6 September di Italia. Seri-seri lain kemungkinan besar akan diumumkan dalam waktu dekat.

Baca juga: F1 Pastikan GP Azerbaijan, Singapura, dan Jepang Dicoret dari Kalender 2020

Perayaan di podium F1

Berbagai protokol kesehatan sudah disiapkan demi menjamin keberlangsungan balapan F1. Salah satu yang disebut oleh Ross Brawn adalah modifikasi perayaan di podium. Prosedur perayaan di podium tidak akan berlangsung seperti biasa guna menjamin jaga jarak serta kontak seminimal mungkin.

Selama ini, perayaan podium di F1 dimulai dengan masuknya naiknya para pembalap satu per satu sesuai posisi finis. Setelah itu, trofi akan diserahkan oleh pihak berwenang. Perayaan diakhiri dengan saling menyemprot dan meminum sampanye di atas podium.

“Prosedur podium tidak bisa dilakukan (hingga saat ini), tetapi kami akan berusaha melakukan sesuatu di grid setelah balapan. Satu opsi yang dipertimbangkan adalah para pembalap berdiri berbarisan di depan mobil masing-masing,” terang Ross Brawn, dikutip dari Crash, Sabtu (13/6/2020).

“Kami tidak bisa memberikan trofi, karena pemberi trofi bukan orang yang dekat dengan pembalap. Akan tetapi, kami sudah mempunyai rencana dan prosedur. Kami akan berusaha memberikan trofi tersebut agar tetap disorot televisi,” pungkas pria berkebangsaan Inggris itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini