Pensiun, Maria Sharapova Pernah Tersandung Kasus Doping

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 40 2174864 pensiun-maria-sharapova-pernah-tersandung-kasus-doping-AxiUMAUvKp.JPG Maria Sharapova. (Foto: Reuters)

NAMA Maria Sharapova begitu tersohor di dunia tenis. Selain karena kariernya yang gemilang, petenis asal Rusia tersebut juga pernah mendapat perhatian besar dari publik karena terseret karus doping.

Masalah itu tepatnya menimpa petenis kelahiran Nyagan 19 April 1987 tersebut pada 2016. Sharapova dinyatakan tak lolos tes doping dalam turnamen Australia Open 2016 lantaran penggunaan obat terlarang.

Maria Sharapova

Sharapova kala itu diketahui positif menggunakan salah satu jenis obat yang dikategorikan sebagai doping sejak Januari 2016, yakni Meldonium. Akibat masalah ini, petenis cantik itu pun dijatuhi hukuman oleh Federasi Tenis Internasional (ITF) berupa larangan bermain selama dua tahun.

BACA JUGA: Karier Apik Maria Sharapova, Sabet Gelar Pertama Grand Slam saat 17 Tahun

Tentu saja, kasus ini memberi kerugian besar kepada Sharapova. Selain tak bisa bertanding, ia juga disebut menderita kerugian mencapai Rp18,6 triliun lantaran sponsor-sponsor ternama memutus kerja sama.

Menanggapi kasus tersebut, Sharapova kala itu mengaku tak mengetahui bahwa obat yang dikonsumsinya ternyata merupakan salah satu jenis doping. Karena itu, ia bahkan telah mengonsumsi obat bernama Mildronate itu selama 10 tahun karena memiliki riwayat turunan diabetes.

“Selama 10 tahun terakhir, saya telah mengonsumsi obat yang disebut Mildronate. Obat tersebut diberikan oleh dokter keluarga kami dan beberapa hari lalu saya baru menerima surat dari ITF bahwa obat tersebut adalah nama lain dari Meldonium. Saya sungguh tidak tahu ,” ujar Sharapova kala itu, sebagaimana dikutip dari WTA.  

“Selama saya menjadi petenis profesional, saya selalu bersikap terbuka dan jujur mengenai banyak hal. Saya membiarkan penggemar saya tahu mengenai keadaan saya dan ini adalah dunia saya sejak saya kecil. Saya sangat mencintai dunia tenis,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini