nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ferrari Bantah Lakukan Team Order di F1 GP Singapura 2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 23 September 2019 14:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 23 37 2108199 ferrari-bantah-lakukan-team-order-di-f1-gp-singapura-2019-2U9ElJTilA.jpg Charles Leclerc dan Sebastian Vettel (Foto: Twitter Scuderia Ferrari)

SINGAPURA – Tim Scuderia Ferrari membantah adanya team order pada balapan Formula One (F1) GP Singapura 2019 yang berlangsung pada Minggu 22 September 2019 malam WIB. Prinsipal Tim Scudera Ferrari, Mattia Binotto, mengaku jika timnya tak memiliki maksud apa pun untuk melakukan team order.

Ferrari pun sejatinya membenarkan adanya pertukaran antara Sebastian Vettel dan Charles Leclerc pada saat melakukan pitstop. Seperti pada umumnya, Ferrari biasanya akan memberikan kesempatan kepada pembalap yang berada di depan untuk pitstop terlebih dahulu.

Charles Leclerc (Foto: F1)

Pada saat itu, Leclerc yang tengah berada di posisi pertama seharusnya mendapat kesempatan awal untuk pitstop. Namun, Ferrari memutuskan untuk mendahulukan Vettel karena mencoba untuk melindungi pembalap berpaspor Jerman itu dari kejaran Max Verstappen.

Baca juga Leclerc Kecewa Sekaligus Senang Usai F1 GP Singapura 2019

Namun, strategi yang sudah direncanakan tersebut sedikit meleset. Kecepatan Vettel pada ban baru membuatnya jauh lebih kuat sehingga mampu melompati Lewis Hamilton dan Leclerc. Beruntung Leclerc tetap tampil prima dan tetap berada di posisi terdepan, tetapi urutan kedua.

“Saya mengerti Charles sedikit kecewa, ia berusaha yang terbaik untuk memenangkan perlombaan dan ia melakukan apa pun yang ia bisa untuk memenangkan perlombaan,” ungkap Binotto, mengutip dari Motorsport, Senin (23/9/2019).

“Sebenarnya ketika kami menghentikan Sebastian untuk pit stop, kami berpikir Charles berhenti satu putaran kemudian, jadi dia akan tetap di depan Sebastian. Tetapi Sebastian mengemudi dengan baik, dan itulah faktanya,” tambahnya.

Sebastian Vettel (Foto: Formula One)

“Biasanya kami selalu memberi keuntungan (untuk pitstop lebih dulu) pada mobil di depan, tetapi dalam hal ini (situasi di Singapura) Anda tidak akan menghentikan Charles dulu. Verstappen ternyata siap untuk pitstop. Kami tahu itu, dan cara terbaik untuk melindungi posisi Sebastian (tetap di depan Verstappen) adalah menghentikannya, dan memastikan putaran berikutnya untuk pitstop Charles,” pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini