nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Villeneuve Anggap Hukuman Vettel Bisa Perburuk Balapan F1 di Mata Dunia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 17:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 13 37 2066153 villeneuve-anggap-hukuman-vettel-bisa-perburuk-balapan-f1-di-mata-dunia-kxuP2wMRRZ.jpg Pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel. (Foto: Twitter Ferrari)

MARANELLO – Mantan juara dunia Formula One (F1), Jacquez Villeneuve, merasa apa yang didapatkan pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, di Grand Prix (GP) Kanada 2019 kemarin, bisa saja memperburuk citra dari ajang balapan jet darat tersebut. Hukuman yang yang didapatkan Vettel sehingga gagal menjuarai GP Kanada 2019 itu dianggap tidak baik untuk masa depan kompetisi tersebut.

Sebagaimana diketahui, Vettel sebenarnya menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis di Sirkuit Gilles Villeneuve, Kanada, pada 10 Juni 2019 kemarin. Namun, akibat manuver Vettel dianggap sempat membahayakan pesaingnya, yakni Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas), ketika balapan berlangsung, ia pun akhirnya diganjar penalti lima detik oleh Steward.

Baca Juga: Soal Hukuman di GP Kanada, Vettel: Bukan Seperti F1 yang Saya Cintai

Sebastian Vettel

Akibat penalti itu, Vettel harus turun ke peringkat kedua dan Hamilton yang justru memenangkan balapan GP Kanada 2019 tersebut. Hukuman itu pun langsung menuai kontroversi. Banyak pihak yang merasa penalti Vettel itu tidak layak diberikan untuk pembalap asal Jerman tersebut. Salah satu yang merasa Vettel tidak pantas untuk mendapatkan itu adalah Villeneuve.

Villeneuve merasa Vettel tak bersalah sama sekali atas manuver yang dianggap berbahaya oleh Steward F1. Menurutnya, apa yang dilakukan Vettel sangat wajar karena saat itu ia sedang bersaing ketat dengan Hamilton, apalagi kala itu ia sempat keluar lintasan. Jadi Villeneuve merasa keputusan Steward sangat salah dan bisa saja memperburuk citra F1 di mata dunia.

 Vettel vs Hamilton

“Ini buruk buat F1. Mereka (Steward) merusak balapan dengan keputusan buruk itu. Saya berkata seperti ini bukan karena ingin melihat pemenang baru,” kata Vettel, seperti yang dilansir dari Motorsport, Kamis (13/6/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini