5 Wakil Terakhir Indonesia yang Kampiun Kejuaraan Bulu Tangkis Asia

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 22 April 2019 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 22 40 2046377 5-wakil-terakhir-indonesia-yang-kampiun-kejuaraan-bulu-tangkis-asia-QTUvzOWVpE.jpg Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Foto: PBSI)

WUHAN – Kejuaraan Bulu tangkis Asia 2019 atau Badminton Asia Championships 2019 akan segera bergulir. Turnamen perorangan se-Asia ini akan berlangsung di Wuhan Sports Gymnasium, China pada 23 hingga 28 April 2019.

Sebagai catatan, para jawara di Badminton Asia Championships 2019 akan mendapatkan poin setara dengan kejuaraan BWF World Tour Super 500. Indonesia pun menurunkan sejumlah wakil unggulan mereka pada tiap-tiap sektor seperti Anthony Sinisuka Ginting, pasangan ganda campuran Hafizh Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, hingga ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Sebelum melihat sepak terjang para wakil Indonesia di Badminton Asia Championships 2019, kali ini Okezone akan membahas lima wakil terakhir Indonesia yang pernah menjadi kampiun pada turnamen tersebut.

5. Nova Widianto/Liliyana Natsir (2006)


Pasangan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir pernah merasakan gelar juara pada Kejuaraan Bulu tangkis Asia pada tahun 2006 yang berlangsung di Johor Baru, Malaysia.

Nova/Liliyana berhasil keluar sebagai juara usai mengatasi perlawanan pasangan ganda campuran Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thungthongkam melalui tiga set dengan skor 21-16, 21-23, dan 21-14.

4. Taufik Hidayat (2007)


Hampir semua penikmat olahraga bulu tangkis kenal dengan sosok Taufik Hidayat. Pria kelahiran 10 Agustus 1981 itu pernah menjadi salah satu pemain tunggal putra terbaik yang dimiliki Indonesia pada eranya. Berbagai gelar bergensi telah berhasil ia raih.

Pemain yang besar bersama tim SGS Electric PLN itu juga menjadi pemain tunggal putra terakhir Indonesia yang pernah merasakan gelar juara di Kejuaraan Bulu tangkis Asia. Pencapaian tersebut diraihnya pada tahun 2007 di Johor Baru, Malaysia. Taufik keluar sebagai juara usai mengalahkan wakil China, Chen Long.

3. Flandy Limpele/Vita Marissa (2008)


Selain nomor ganda putra, nomor ganda campuran menjadi salah satu sektor yang kerap menjadi unggulan Indonesia. Hal itu juga terbukti ketika para wakil Merah Putih tampil di ajang Kejuaraan Bulu tangkis Asia di Johor Baru, Malaysia, pada 2008 lalu.

Indonesia dipastikan meraih gelar jugara di nomor ini usai terjadi All Indonesian Final yang mempertemukan Flandy Limpele/Vita Marissa dan Nova Widianto/Liliyana Natsir. Tampil sangat baik sejak babak pertama, perjalanan Flandy/Vita cukup mulus hingga akhirnya berhasil menjadi juara usai mengalahkan pasangan rekan senggaranya itu di partai puncak

2. Markis Kido/Hendra Setiawan (2009)


Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan menjadi salah satu ganda putra yang paling ditakuti pada zamannya. Berhasil menduduki peringkat satu dunia, hingga meraih medali emas pada Olimpiade 2008 dan Asian Games 2010 menjadi salah satu pencapaian terbaik mereka.

Kido/Hendra juga menjadi wakil Indonesia terakhir yang berhasil menjadi jawara di. Hal itu terjadi pada 2009 lalu, saat mereka menumbangkan akil Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, dengan skor ketat 21-18 dan 26-24.

1. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (2015)


Setelah Markis Kido/Hendra Setiawan menjadi juara pada 2009, wakil Indonesia sempat puasa gelar di di Kejuaraan Bulu tangkis Asia selama lima tahun lamanya sebelum akhirnya pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali meraihnya pada 2015.

Sekadar informasi, ebelum dipasangkan dengan Winny Oktavina Kandow, Tontowi Ahmad sudah merasakan gelar bersama partner sebelumnya, yakni Liliyana Natsir. Empat kali juara All England serta medali emas Olimpiade Rio pada 2016 salah satu prestasi terbaik mereka.

Tidak hanya itu, Tontowi/Liliyana juga pernah menyabet juara di Kejuaraan Bulu tangkis Asia, yakni pada tahun 2015. Mereka keluar sebagai kampiun usai mengalahkan ganda campuran Hong Kong, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah, dengan skor 21-16 dan 21-15.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini