Share

Mengenal Perbedaan Boxing dan Kickboxing

Rafid Ahmad Fauzi, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 43 2752910 mengenal-perbedaan-boxing-dan-kickboxing-a1H05qo2ZB.JPG Olahraga boxing berbeda dengan kick boxing (Foto: REUTERS)

MARI mengenal perbedaan boxing dan kickboxing dalam olahraga bela diri. Boxing dan kick boxing adalah olahraga bela diri yang sama-sama bermanfaat tergantung dari orang yang melakukannya.

Pada dasarnya, tidak ada anggapan bahwa kick boxing lebih baik dari pada boxing ataupun sebaliknya. Setiap orang memiliki pilihan tersendiri dalam memilih olahraga bela diri.

Dilihat dari namanya, kedua olahraga ini terlihat hampir sama. Namun, boxing dan kick boxing sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Perbedaan Boxing dan Kick Boxing

Boxing atau tinju adalah olahraga bela diri yang hanya menggunakan tangan sebagai media menyerang. Sedangkan kick boxing adalah olahraga bela diri yang menggabungkan gerakan menendang dan meninju.

Baik boxing maupun kick boxing, keduanya membutuhkan latihan fisik yang berat. Selain itu, mempelajari kedua olahraga ini sudah cukup dalam membela diri jika terjadi sesuatu di jalanan.

Namun, boxing dan kick boxing tidak mengajarkan untuk melumpuhkan lawan dengan menyerang organ vital, mengunci lawan, mencukil mata, ataupun menggigit lawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Sehingga kurang cocok untuk melumpuhkan lawan secara cepat di jalanan, namun sudah cukup untuk mempertahankan diri agar tidak dikalahkan oleh lawan.

Berikut perbedaan boxing dan kick boxing:

1. Boxing sudah ada sejak 2000 tahun lalu di Yunani, sedangkan kick boxing ada sejak 1930-an di Jepang.

2. Boxing adalah olahraga bela diri original, sedangkan kick boxing adaptasi dari seni bela diri lain.

3. Boxing hanya menggunakan kedua tangan, sedangkan kick boxing menggunakan kedua tangan dan kaki.

4. Boxing adalah olahraga Olimpiade, sedangkan kick boxing tidak.

5. Boxing memiliki durasi setiap ronde 3 menit, sedangkan kick boxing 2 menit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini