Share

5 Klub Olahraga yang Pernah Dimiliki Erick Thohir, Nomor 1 Kebanggan Warga Solo!

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 43 2752768 5-klub-olahraga-yang-pernah-dimiliki-erick-thohir-nomor-1-kebanggan-warga-solo-6YjB0sdai3.jpg Berikut 5 klub olahraga yang pernah dimiliki Erick Thohir (Foto: Instagram/erickthohir)

SEBANYAK 5 klub olahraga yang pernah dimiliki Erick Thohir akan Anda ketahui dalam artikel Okezone ini. Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir tengah ramai diperbincangkan setelah mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Dalam unggahan video di instagramnya, Erick Thohir mengungkapkan bahwa ia memiliki nyali untuk membuat sepakbola Indonesia yang bersih dan berprestasi. Selain itu, Erick Thohir menginginkan tidak ada tangan-tangan kotor di dalam sepakbola Indonesia.

Nama Erick Thohir di kancah olahraga tentu sudah tidak asing lagi. Erick pernah membuat sejumlah gebrakan yang bersangkutan dengan olahraga baik sepakbola ataupun basket. Lantas klub olahraga apa sajakah yang pernah dimiliki Erick Thohir? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Berikut 5 Klub Olahraga yang Pernah Dimiliki Erick Thohir

5. Inter Milan

Inter Milan

Pada 2013, publik penikmat sepakbola dibuat geger saat salah satu pengusaha sukses Indonesia, Erick Thohir membeli klub raksasa Liga Italia, Inter Milan. Erick Thohir membeli 70% saham tim berjuluk Nerazzurri itu dan didaulat menjadi presiden klub menggantikan Massimo Moratti.

Pada 2016, Erick Thohir melepas 39% saham kepemilikannya kepada pengusaha China. Dua tahun berselang tepatnya di 2018, ia melepas sisa saham kepemilikannya pada pengusaha asal Hongkong

4. Satria Muda

Satria Muda

Jauh sebelum merambah ke dunia sepakbola, Erick Thohir terlebih dahulu mendirikan sebuah tim basket bernama Satria Muda pada 1993. Satria Muda adalah klub basket yang tak jarang menjadi juara di liga basket Indonesia.

Hingga saat ini, Erick Thohir masih menjadi pemilik klub basket yang pernah meraih juara kompetisi basket di level Asia Tenggara itu.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Persib Bandung

Persib Bandung

Bagi sebagian orang mungkin kurang mengetahui bahwa Menteri BUMN ini pernah memiliki klub kebanggaan warga Bandung, Persib Bandung. Erick Thohir diketahui pernah menjadi wakil komisaris utama Persib Bandung pada 2011 hingga 2019.

Kendati demikian, Erick Thohir jarang turun tangan langsung dalam pengambilan kebijakan di Persib Bandung. Pengambilan keputusan lebih banyak diserahkan pada Glenn Sugita sebagai Direktur Utama dan Teddy Tjahjono sebagai Direktur.

2. Oxford United

Oxford United

Pada 2018 lalu, Erick Thohir dikonfirmasi menjadi salah satu petinggi di klub divisi 3 Inggris, Oxford United. Erick Thohir menginvestasikan dana ke Oxford dan selanjutnya diangkat menjadi petinggi klub.

Dalam mengelola Oxford United, Erick Thohir tidak sendirian. Erick diketahui dibantu oleh koleganya Anindya Bakrie.

1. Persis Solo

Erick Thohir

Erick Thohir diketahui membeli 20% saham salah satu klub Liga 1, Persis Solo. Tak cuma Erick, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep juga membeli 40% saham tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu pada 2021 lalu.

Erick Thohir mengaku rindu dengan sepakbola dan ingin memperbaiki manajemen Persis Solo. Dari hasil pembelian itu, Erick menempatkan anaknya yakni Mahendra Agakhan Thohir atau yang akrab disapa Aga menjadi komisaris dan Kaesang menjadi direktur utama.

Erick Thohir berencana untuk memperbaiki manajemen dan melakukan regenerasi di manajemen Laskar Sambernyawa. Selain itu, Erick juga mengaku kalau dirinya ingin mengikuti jejak sang ayah yang mulai berjuang di kota Solo.

Demikian 5 klub yang pernah dimiliki oleh Erick Thohir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini