Share

Sosok Ini Paling Berjasa Selamatkan Ducati dari Masa Kelam hingga Berjaya di MotoGP 2022

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 38 2716754 sosok-ini-paling-berjasa-selamatkan-ducati-dari-masa-kelam-hingga-berjaya-di-motogp-2022-y77kug5Uet.jpg Francesco Bagnaia juara MotoGP 2022. (Foto: Instagram/@pecco63)

BORGO PANIGALE – Sosok paling berjasa selamatkan Ducati dari masa kelam hingga berjaya di MotoGP 2022 diungkap Direktur Balap Ducati Corse, Paolo Ciabatti. Ia adalah Gigi DallIgna.

Sebagaimana diketahui, Dall’Igna bergabung dengan Ducati pada pengujung 2013. Kala itu, Ducati sedang dalam masa kelam. Pasalnya, Ducati yang merekrut Valentino Rossi pada 2011, namun justru gagal meraih gelar juara.

Gigi Dalligna

Ciabatti menjelaskan, kegagalan The Doctor -julukan Valentino Rossi- berimbas ke citra Ducati. Hal ini yang menyebabkan Rossi kemudian berpisah dengan Ducati pada akhir musim 2013, dan kembali ke Yamaha.

BACA JUGA: 3 Alasan Terbesar Mengapa Motor MotoGP Sulit Dijadikan Hak Milik Pribadi Pembalap, Nomor 1 Menjaga Rahasia Perusahaan

BACA JUGA: Valentino Rossi Gagal Total saat Bela Ducati, Paolo Ciabatti Sebut Citra Tim Jadi Rusak

Setelah Rossi pergi, petinggi Ducati, Claudio Domenicali, berhasil membujuk Gigi DallIgna untuk bergabung dengan tim. Direkrut dari Aprilia Racing, DallIgna langsung ditunjuk sebagai General Manager Ducati Corse.

Follow Berita Okezone di Google News

Ciabatti mengatakan, kedatangan DallIgna seperti cahaya harapan dalam masa kegelapan. Pasalnya, DallIgna langsung klop dengan Ducati. Pria kelahiran Thiene, Italia, itu pun berhasil membawa Ducati menjadi lebih baik.

“Saya mengatakan bahwa kami harus melakukan sesuatu dan itu harus seseorang yang mampu. secara teknis mengelola kompleks proyek seperti MotoGP,” kata Ciabatti, dikutip dari Motosan, Selasa (29/11/2022).

Gigi Dalligna

“(Claudio) Domenicali berhasil meyakinkan Gigi (DallIgna) untuk meninggalkan Aprilia dan sejak saat itu semuanya menjadi lebih baik,” sambungnya.

Kepergian Rossi dan kedatangan DallIgna akhirnya membuat Ducati berkembang hingga saat ini. Terbaru, Ducati mampu mengantar Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menjuarai MotoGP 2022. Sejalan dengan itu, Ducati juga menjadi juara konstruktor MotoGP 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini