Share

Bicara soal Fisik dan Usia, Novak Djokovic: Tak Ada Batasan untuk Bermain Tenis!

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 40 2714031 bicara-soal-fisik-dan-usia-novak-djokovic-tak-ada-batasan-untuk-bermain-tenis-lcGNFzeZur.JPG Novak Djokovic tegaskan tak ada batasan untuk bermain tenis (Foto: Reuters)

BINTANG tenis asal Serbia, Novak Djokovic tak mempedulikan dengan batasan fisik dan usia ketika tengah bertanding. Petenis berjuluk The Djoker itu menganggap masalah batin serta pikiran yang menjadi faktor utama dalam pertandingan tenis.

Seperti diketahui, Novak Djokovic adalah salah satu petenis terbaik di seantero dunia. Di usia yang telah menginjak 35 tahun, ia telah menorehkan banyak gelar bergengsi termasuk 20 grand slam sepanjang kariernya.

Novak Djokovic

Terbaru, Djokovic baru saja memenangkan ATP Finals 2022, setelah mengalahkan Casper Ruud (Norwegia) di pertandingan pamungkas di Pala Alpitour, Turin, Italia pada Senin (21/11/2022). The Djoker menang dalam dua gim langsung dengan skor 7-5 dan 6-3.

Usai pertandingan, Djokovic memberikan pandangannya tentang batasan usia dan fisik seorang petenis. Djokovic menegaskan, ia tidak peduli dengan batasan tersebut. Yang penting, kata Djokovic, dirinya dapat terus bermain dalam kondisi mental dan pemikiran yang bagus.

“Saya tidak berpikir bahwa ada batasan. Itu benar-benar ada di kepala Anda,” kata Djokovic dikutip dari Tennis World, Rabu (23/11/2022).

“Ini benar-benar tentang perspektif dan pendekatan dan persepsi Anda tentang bagaimana Anda melihat sesuatu pada saat itu. Tentu saja, saat Anda mengalami pergumulan fisik, itu mempengaruhi permainan, memengaruhi perasaan Anda secara mental, mempengaruhi bahasa tubuh Anda,” sambungnya.

“Tapi saya pikir pertempuran terbesar, seperti yang saya katakan sebelumnya, selalu merupakan pertempuran batin,” tambah Novak Djokovic.

Novak Djokovic

Lebih lanjut, Djokovic membocorkan kunci kemenangan dalam pertandingan tenis adalah kondisi pikiran dan fisik yang baik. Menurutnya, permainan terbaik akan keluar saat kedua faktor itu dikombinasikan dengan baik.

“Jika Anda berhasil menemukan diri Anda dalam kondisi pikiran dan tubuh yang optimal sesering mungkin, saya rasa Anda dapat mengekstraksi yang terbaik dan menuai hasil terbaik untuk diri Anda sendiri di setiap momen, setiap poin, setiap pertandingan,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini