Share

Kisah Atlet Golf asal Amerika Serikat Kehilangan Rahangnya Setelah Meminum Lebih dari 1400 Botol Air Radioaktif

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 07 November 2022 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 43 2702856 kisah-atlet-golf-asal-amerika-serikat-kehilangan-rahangnya-setelah-meminum-lebih-dari-1400-botol-air-radioaktif-Z0X7rdMGsE.jpg Kisah Atlet Golf asal Amerika Serikat Kehilangan Rahangnya Setelah meminum Lebih dari 1.400 botol Air Radioaktif. (Foto: Dailystars)

KISAH atlet golf asal Amerika Serikat kehilangan rahangnya setelah meminum lebih dari 1.400 botol air radioaktif menarik untuk dibahas. Bukan hal yang mudah jika harus menyerah dengan apa yang kita sukai.

Demikian halnya dengan yang dialami oleh pegolf asal Amerika Serikat, Ebenezer McBurney Byers atau akrab disapa Eben Byers. Setelah mengalami cedera dan tak bisa bermain golf lagi, ia merasa putus asa dan melakukan tindakan di luar nalar. Penasaran?

Berikut Kisah Atlet Golf asal Amerika Serikat kehilangan rahangnya setelah meminum lebih dari 1400 botol air radioaktif.

Dilansir dari Daily Star, Senin (7/11/2022), Eben Byers merupakan seorang pria yang lahir pada 1880. Keluarga Byers di Amerika Serikat berlatar belakang kaya. Tak mengherankan jika Byers mampu berkuliah di Yale University.

McBurney Byers (Daily Stars)

Selain dikenal sebagai pria berlatar belakang kaya dan berpendidikan, Byers rupanya dikenal memiliki kemampuan atletik, terutama pada olahraga golf. Pada 1900-an, ia bahkan berhasil meraih medali emas dari berbagai kejuaraan. Namanya tentu menjadi sangat populer saat itu.

Sayangnya, mala petaka datang pada 1927. Eben Byers tak sengaja mencederai lengannya. Akibat dari cedera yang ia alami, ia cukup kesulitan dalam melakukan olahraga, di mana olahragalah yang membuatnya melambung.

Untuk menyembuhkan cederanya, Byers diresepkan Radithor sebuah air radioaktif oleh perawat medis yang menanganinya. Resep tersebut kala itu dipercaya dapat membantu memulihkan cedera. Sehingga, perawat selalu meresepkan satu sendok kecil Radithor untuk Byers.

Follow Berita Okezone di Google News

Byers sempat merasakan adanya perubahan pada tubuhnya setelah menenggak beberapa dosis Radithor. Karena itulah, ia mulai menenggak sebotol Radithor setiap 24 jam.

Setahun berselang, Byers terus menambahkan dosisnya hingga tiga botol perhari. Nahasnya, pada 1931 rahang Byers meleleh karena tak sanggup menahan zat berbahaya itu lagi.

Kandungan Radithor tak hanya melelehkan rahang, namun juga organ dalamnya menjadi bermasalah. Anehnya, Byers merasa baik-baik saja dan tidak merasa sakit saat rahangnya meleleh.

Tim medis sempat berusaha untuk mengganti rahang Byers, namun hal itu tentu terlambat karena Byers telah mengkonsumsi lebih dari 1.400 botol Radithor. Ia pun meninggal pada 1932.

McBurney Byers (Daily Stars)

Radithor sendiri merupakan zat radioaktif yang sangat tinggi. Obat ini dibuat oleh William JA Baily dan diproduksi di New Jersey.

Bailey dan timnya melakukan eksperimen dengan radium dan berkesimpulan jika dosis yang sangat kecil ketika disuling dengan air akan bermanfaat bagi manusia.

Maka dari itu, obat tersebut pernah dijual dipasaran Amerika pada 1918. Namun, sejak kasus Byers mencuat, Bailey menutup perusahaannya.

Demikian Kisah Atlet Golf Asal Amerika Serikat Kehilangan Rahangnya Setelah Meminum Lebih dari 1400 Botol Air Radioaktif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini