Share

Kisah Legenda Pebulutangkis Susy Susanti Sabet Emas Olimpiade 1992 dari Tak Bisa Tidur sampai Makan Ikan Asin

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2022 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 40 2693606 kisah-legenda-pebulutangkis-susy-susanti-sabet-emas-olimpiade-1992-dari-tak-bisa-tidur-sampai-makan-ikan-asin-pTB4HSxSwQ.jpg Kisah Legenda Pebulutangkis Susy Suanti Sabet Medali Emas Olimpiade 1992 dari Tak Bisa Tidur sampai Makan Ikan Asin. (Foto: Reuters)

KISAH legenda Pebulutangkis Susy Susanti sabet emas Olimpiade 1992 dari tak bisa tidur sampai makan ikan asin menarik untuk diulas. Sosok Susy Susanti memang sudah begitu melegenda di pentas bulu tangkis, baik itu dunia maupun Indonesia.

Susy selalu menjadi acuan para pebulu tangkis Indonesia dalam menjalani karier. Bagaimana tidak, karier manis berhasil diukirnya sehingga menjadikan sosoknya sebagai salah satu pebulu tangkis putri terbaik Indonesia.

Perjalanan karier atlet bernama lengkap Lucia Francisca Susy Susanti ini sendiri dimulai dengan bergabung ke klub PB Tunas Tasikmalaya. Atlet kelahiran 11 Februari 1971 itu memang sudah menunjukkan kecintaannya dengan dunia bulu tangkis sejak masih duduk di bangku SD.

Susy pun bergabung ke klub PB Tunas Tasikmalaya yang merupakan milik pamannya sendiri itu selama tujuh tahun. Pada 1985, Susy yang masih duduk di bangku SMP memutuskan mengepakkan lebih lebar sayap kariernya di dunia bulu tangkis dengan hijrah ke Jakarta.

Susy Susanti

Tak berhenti sampai di situ, Susy Susanti juga membantu Indonesia menyabet gelar juara Piala Sudirman untuk pertama kalinya. Perlahan, karier Susy mulai menanjak. Beragam gelar juara lain diraihnya.

Atlet kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, itu bahkan bisa mendominasi di ajang bergengsi dan tertua di bulu tangkis, yakni All England. Susy menyabet gelar juara di empat musim beruntun, yakni pada 1990 hingga 1994.

Perhatian besar pun makin diberikan kepada Susy yang menorehkan karier mentereng. Puncaknya, dia disorot publik dunia pada 1992. Pada tahun itu, dia sukses merebut medali emas di pentas Olimpiade yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Follow Berita Okezone di Google News

Olimpiade Barcelona 1992 sendiri merupakan pertama kalinya cabang olahraga bulu tangkis dipertandingkan di Olimpiade. Susy pun didapuk menjadi salah satu wakil Indonesia untuk bertanding di cabor anyar pada Olimpiade tersebut.

Hasilnya, penampilanya begitu gemilang. Perjuangan dan kerja keras Susy bisa membuahkan medali emas tersebut. Kepastian merebut medali emas sendiri didapat usai menaklukkan wakil Korea Selatan, Bang Soo-hyun, dalam pertarungan tiga set yang berakhir dengan skor 5-11, 11-5, dan 11-3.

Susy Susanti

Kesuksesan Susy kala itu mengantarnya menjadi atlet pertama Indonesia yang menyumbangkan medali emas di Olimpiade. Dari Susy Susanti, keran medali emas kontingen Indonesia di cabor bulu tangkis pada ajang Olimpiade terus terbuka.

Prestasi Susy Susanti di Olimpiade tak berhenti pada 1992. Dia kembali berhasil meraih medali di Olimpiade Atlanta 1996. Tetapi, kala itu, dia tak mendapat medali emas, melainkan perunggu.

Karier manis Susy di bulu tangkis harus terhenti pada 1998 karena dirinya memutuskan untuk pensiun kala itu. Pada akhir kariernya, dia tercatat sudah meraih puluhan gelar juara di turnamen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini