Share

4 Jenis Cedera yang Umum Dialami Pemain Sepakbola, Nomor 1 Paling Berbahaya

Insan Kamil Rizqilillah, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 43 2681503 4-jenis-cedera-yang-umum-dialami-pemain-sepakbola-nomor-1-paling-berbahaya-zpVOEBOsLY.jpg Berikut 4 jenis cedera yang umum dialami pemain sepakbola (Foto: Reuters)

SEBANYAK 4 jenis cedera yang umum dialami pemain sepakbola akan diulas dalam artikel ini. Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga permainan beregu, yang dimainkan oleh 11 orang dalam satu tim sebagai starting line up.

Meski dimainkan oleh banyak orang dalam satu tim, sepakbola juga punya sejumlah risiko yang masuk dalam kategori ringan hingga berat. Mengenai risiko itu, biasanya pemain sepakbola sudah lumrah dengan cedera yang diderita.

Cedera sendiri merupakan hal yang sering dialami oleh atlet olahraga terutama sepakbola. Oleh karena itu. pemain sepakbola harus siap jika sewaktu-waktu mengalami cedera.

Cedera yang sering tertimpa pada pemain sepakbola yaitu di bagian kaki. Hal itu disebabkan banyaknya benturan pada bagian kaki. Apalagi, sepakbola merupakan salah satu olahraga yang melibatkan kontak fisik yang cukup tinggi. Lantas, apa saja cedera yang kerap dirasakan oleh pemain sepakbola?

Berikut 4 jenis cedera yang umum dialami pemain sepakbola:

4. Cedera Hamstring

Hamstring

Cedera ini melibatkan tiga otot punggung pada paha. Cedera hamstring biasa terjadi akibat lari dan cedera yang satu ini memiliki tingkat kambuh yang tinggi. Cedera hamstring bisa terjadi karena otot hamstring terpelintir atau mengalami robek.

Biasanya hal ini diakibatkan kurang maksimalnya pemanasan. Selain itu, intensitas kerja otot hamstring juga berpengaruh pada cedera satu ini.

3. Cedera Kepala

Cedera kepala

Kemudian, ada cedera pada bagian kepala. Ya, cedera yang satu ini cukup rentan terhadap penjaga gawang, terutama ketika melompat untuk menangkap bola lalu jatuh atau terbentur dengan tubuh salah satu pemain.

Tak hanya penjaga gawang, seorang pemain lainnya, juga bisa terjadi cedera kepala. Apalagi, jika para pemain saling berduel di udara demi mendapatkan penguasaan bola.

2. Keseleo di Pergelangan Kaki

Keselo

Beralih ke penjelasan selanjutnya, ada cedera keseleo di bagian pergelangan kaki. Cedera satu ini terjadi tidak hanya ketika pertandingan.

Akan tetapi, bisa saja terjadi ketika sedang berlatih. Cedera ini terjadi ketika berlari lalu berhenti tiba-tiba atau melakukan perubahan arah yang dapat menyebabkan pergelangan kaki berputar secara tidak wajar. Meski begitu, cedera satu ini masuk dalam kategori yang cukup ringan.

1. Anterior Cruciate Ligaments (ACL)

ACL

Di urutan pertama jenis cedera yang umum dialami pemain sepakbola ada Anterior Cruciate Ligaments (ACL). Cedera ACL merupakan peregangan berlebih atau bahkan robekan yang terjadi pada anterior cruciate ligaments, yang berfungsi penahan persendian lutut.

Penyebab terjadi ini biasanya terjadi karena kontak langsung pada saat melakukan tackle atau disebabkan bergerak terlalu cepat dan mendarat dengan posisi yang salah. Cedera satu ini masuk kategori paling berbahaya.

Pasalnya, cedera ini butuh waktu pemulihan yang sangat lama. Bahkan, dampak terburuknya bisa mengakibatkan putusnya karier seseorang di bidang sepakbola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini