Share

5 Atlet Bulutangkis yang Berkarier Jadi Anggota Militer, Nomor 1 Ganda Campuran dari Thailand

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 40 2681878 5-atlet-bulutangkis-yang-berkarier-jadi-anggota-militer-nomor-1-ganda-campuran-dari-thailand-5EoHb1AgXl.jpg Berikut 5 atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer (Foto: BWF)

SEBANYAK 5 atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer akan dibahas dalam artikel ini. Di balik kehebatan mengolah raket, ternyata ada sejumlah atlet bulutangkis, yang juga berkarier sebagai anggota militer.

Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja, karena masih ada kaitannya dengan bela negara. Di Indonesia, ada juga pebulutangkis yang juga merangkap sebagai anggota Polisi. Dia adalah Putri Kusuma Wardani.

Jadi sebenarnya tak heran, jika seorang pebulutangkis, berkarier di dunia kemiliteran. Lantas, siapa saja atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer itu?

Berikut 5 atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer:

5. Jones Ralfy Jansen

Jones Ralfy Jansen

Di urutan kelima atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer adalah Jones Ralfy Jansen. Sekadar diketahui, Jones Ralfy sebenarnya merupakan pebulutangkis beradarah Indonesia.

Namun, ia mengikuti jejak sang kakak untuk hijrah ke Jerman. Setelah mendapat kewarganegaraan Jerman, Jones Ralfy tertarik dengan program kemiliteran Jerman.

Alhasil, ia mencoba peruntungan di dunia militer, namun tetap bermain bulutangkis. Dalam satu wawancaranya, Jones Ralfy pernah mengatakan ketertarikan jadi militer Jerman karena gaji dan tunjangan yang mumpuni. Selain itu ia pun memang tertarik dengan latihan mental di kamp tentara Jerman.

“Saya dengar secara mental juga berat, jadi saya tertarik” ucapnya.

4. Isabel Lohau

Isabel Lohau

Selain Jones Ralfy, ada juga Isabel Lohau atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer. Ia diketahui ikut dalam program pemerintah yang memberikan kesempatan para atlet untuk menjadi tentara atau polisi.

“Ada program dari pemerintah atau negara untuk mendukung para atlet. Angkatan militer menjadi bagian dari itu juga. Ada juga yang di kepolisian. Tapi ini sifatnya sukarela, jadi saya bisa memilih mau atau tidak ambil bagian dan saya memilih untuk ikut,” tutur Isabel Lohau dalam wawancara bersama BWF.

3. Lin Dan

Lin Dan

Selanjutnya, atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer adalah Lin Dan. Ya, nama Lin Dan pasti sudah tidak asing lagi bagi pencinta bulutangkis Tanah Air maupun dunia.

Salah satu tunggal terhebat dunia asal China ini pernah tergabung di Bayi Badminton Club yang termasuk dalam Tentara Pembebasan Rakyat Republik China (PLA). Lin Dan sudah tergabung dalam klub tersebut sejak berusia 12 tahun.

Karena masuk klub militer, dia terikat sejumlah peraturan ketat. Salah satunya tak bisa sembarangan melakukan aktivitas komersial.

Alih-alih bertahan di sana, Lin Dan memilih untuk hengkang dari dunia kemiliteran. Alhasil, meski sempat mencicipi berkarier sebagai militer, pada akhirnya Lin Dan gantung raket sebagai seorang pebulutangkis.

2. Loh Kean Yew

Loh Kean Yew

Selanjutnya, ada pebulutangkis asal Singapura, Loh Kean Yeaw, yang berkarier sebagai seorang militer. Menurut laporan The Strait Times, Loh Kean Yeaw menjabat sebagai operator transportasi di ketentaraan nasional, mendapatkan pangkat kopral kelas satu.

Dia juga bermain untuk Asosiasi Olahraga Angkatan Bersenjata Singapura dan dinobatkan sebagai atlet terbaik pada 2018. Saat ini, karier pebulutangkis Singapura kelahiran Malaysia itu cukup apik. Selain berhasil naik menjadi urutan lima dunia, Loh Kean Yew juga sukses merebut gelar juara dunia bulutangkis pada 2021 lalu.

1. Dechapol Puavaranukroh

Dechapol Puavaranukroh

Di urutan pertama atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer adalah Dechapol Puavaranukroh. Ia merupakan partner dari Saspiree Taerattanachai di sektor ganda campuran.

Berbeda dengan 4 pebulutangkis yang disebutkan, pemain ganda campuran nomor satu dunia baru bergabung bersama militer Angkatan Laut Thailand. Menurut informasi dari akun Twitter @BadmintonBB, Dechapol Puavaranukroh mendapat kesempatan untuk bergabung menjadi Angkatan Laut Thailand sebagai Wakil Letnan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini