Share

Ducati Pakai Team Order, Francesco Bagnaia Kalahkan Fabio Quartararo dan Juara MotoGP 2022?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 38 2679524 ducati-pakai-team-order-francesco-bagnaia-kalahkan-fabio-quartararo-dan-juara-motogp-2022-ZuTcwB8rdG.jpg Pembalap Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia. (Foto: MotoGP)

PEMBALAP Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia saat ini memiliki kans yang amat besar untuk menjadi juara dunia MotoGP 2022 usai menyudahi seri Thailand. Dengan menyisakan tiga balapan lagi, akankah Ducati akan memakai team order dan membantu Bagnaia menjuarai MotoGP 2022?

Sejauh ini Ducati dan para pembalapnya kerap membantah bahwa mereka menggunakan Team Order untuk membantu Bagnaia menang disetiap balapannya. Bagnaia pun tampaknya kurang suka jika harus dibantu karena ia juara berkat usahanya sendiri.

Tanpa team order, sejauh ini Bagnaia nyatanya sudah semakin dekat dengan gelar juara dunia pertamanya di kelas MotoGP. Sebab saat ini ia yang memiliki total 217 poin, hanya berjarak dua angka saja dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang berada di urutan pertama.

Francesco Bagnaia

Dengan MotoGP 2022 tinggal menyisakan tiga balapan lagi, maka Bagnaia berpeluang besar untuk juara semakin besar. Apalagi melihat performa Bagnaia yang sejauh ini konsisten, sementara Quartararo justru melempem.

Seperti pada MotoGP Thailand 2022, Bagnaia sanggup finis di urutan ketiga, sedangkan Quartararo justru berakhir di posisi ke-17. Menurunya performa Quartararo yang sudah tidak pernah menang sejak GP Jerman pada 19 Juni 2022 lalu jelas harus dimanfaatkan oleh Bagnaia.

Kendati demikian, tampaknya para pembalap Ducati tetap akan membantu Bagnaia untuk meraih poin sebanyak mungkin di tiga balapan tersisa, yakni di GP Australia, Malaysia, dan Valencia. Sebab meski tak ada Team Order, para rider Ducati sadar diri membantu Bagnaia.

Seperti yang dilakukan pembalap Tim Pramac Ducati, Johann Zarco di MotoGP Thailand 2022. Zarco yang finis di urutan keempat alias tepat di belakang Bagnaia, sengaja tidak berusaha keras menyalip karena tak mau menganggu Pecco hingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

โ€œKami telah merancang strategi untuk beberapa balapan. Ducati sejatinya membebaskan kami bersaing dalam meraih kemenangan, tapi untuk hal-hal lain kami harus memikirkan banyak hal,โ€ ucap Zarco kepada DAZN, Senin (3/10/2022).

โ€œSaat saya mendekati Bagnaia, saya sudah tidak bisa mengejar kemenangan dan hanya bisa mengincar podium. Tapi saya tidak mau ambil risiko dan memberikan dampak buruk ke Bagnaia yang merupakan andalan Ducati saat ini. Jika itu rider lain, saya tentu akan berusaha menyalipnya,โ€ tambah Zarco.

Francesco Bagnaia

Sebelumnya, Manajer Ducati, Davide Tardozzi pun sudah menegaskan tidak ada team order untuk membantu Bagnaia menang. Namun, ia merasa seharusnya para pembalap Ducati yang lain bisa memahami bahwa saat ini tim pabrikan asal Italia itu tengah berusaha meraih gelar juara dunia pertama mereka sejak 2007 silam.

Jadi, sejauh ini belum ada tanda-tanda Ducati akan melakukan team order. Namun, jika itu terjadi maka hal tersebut menjadi kabar buruk untuk Quartararo karena Bagnaia benar-benar akan semakin berbahaya di tiga balapan tersisa.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini