Share

Kevin Sanjaya dan Herry IP Saling Memaafkan, Drama Perselisihan Berakhir Damai

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 40 2678241 kevin-sanjaya-dan-herry-ip-saling-memaafkan-drama-perselisihan-berakhir-damai-dM092W6o7l.jpg Herry IP dan Kevin Sanjaya sudah berdamai. (Foto: Instagram/herry_ip)

JAKARTA – Perselisihan yang melibatkan pelatih ganda putra PBSI, Herry Iman Pierngadi (Herry IP) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo berakhir dengan damai. Sebab kedua pihak telah memutuskan untuk saling memaafkan dan siap untuk bekerja sama lagi.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu Kevin secara terbuka mengungkapkan kepada publik bahwa dirinya sedang mengalami masalah dengan Herry IP. Bahkan, pasangan Marcus Fernaldi Gideon itu mengaku sudah tak bisa lagi berlatih dengan pelatih berjuluk Coach Naga Api itu.

Salah satu alasan retaknya hubungan mereka disebut Kevin karena Herry IP menganaktirikannya sejak bergabung di Pelatnas Cipayung. Menurutnya, sejak itu hubungan mereka tak pernah hangat sampai saat ini, bahkan sampai tidak saling menegur.

Selain itu, Kevin juga tak senang dengan ucapan Herry IP yang mengkritik permainannya di Indonesia Open 2022 lalu. Alhasil, perseteruan mereka pun semakin memanas.

Herry IP bersama Marcus/Kevin

Kemudian, Herry IP pun merespon perkataan anak buahnya itu. Dia menyatakan bahwa bukan dirinya yang tidak mau melatih Kevin, tetapi Kevin sendiri yang tak sudah tak cocok berlatih dengannya.

Untungnya, konflik kedua jagoan Pelatnas Cipayung itu tak berangsur lama. Beberapa hari kemudian, tepatnya pada Jumat (30/9/2022), Herry IP dan Kevin menyatakan bahwa permasalahan mereka sudah selesai dan mereka pun sudah saling meminta maaf.

Sang pelatih menjelaskan bahwa dirinya dan Kevin sudah dimediasi oleh para pengurus PBSI, termasuk sang Ketua Umum, Agung Firman Sampurna dan Ketua Harian PBSI, Alex Tirta. Menurutnya, ini hanya masalah kecil saja yang bisa diselesaikan lewat jalur kekeluargaan.

“Pertama-tama terima kasih sudah di mediasi dengan Pak Agung Firman dan Pak Alex Tirta. Sebenarnya masalah ini ga terlalu besar, cuma media saja yang besar-besarin,” kata Herry IP kepada awak media dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/9/2022).

“Saya dengan Kevin kan sudah lama dan dia saya anggap sebagai anak. Memang kalau saya ada salah saya mohon maaf sama Kevin, kita juga sudah ketemu sama semua pemain ganda putra, jadi sudah clear,” imbuhnya.

“Ya kalau memang ada kata-kata saya yang wawancara live dengan wartawan itu bikin Kevin tidak nyaman, ya saya juga sudah minta maaf dan Kevin sudah terima,” tuturnya.

Kevin yang turut hadir dalam konferensi pers virtual itu pun turut menyampaikan permohonan maafnya. Dalam kesempatan itu, wajah Kevin dan Herry IP sudah sama-sama dihiasi senyuman.

“Saya minta maaf atas apa yang sudah terjadi ya pak, kita sudah ngobrol satu sama lain untuk menyelesaikan masalah ini. Dari sisi saya, saya juga minta maaf kalau ada salah dan lain sebagainya,” ujar Kevin.

Agung Firman pun turut memberikan penjelasan terkait masalah tersebut. Menurutnya, sebenarnya tidak ada konflik apapun yang terjadi antara Herry IP dan Kevin, melainkan hanya gesekan kecil yang biasa terjadi di dalam sebuah organinsasi.

Herry IP bersama Kevin Sanjaya

“Perlu saya klarifikasi, tidak ada konflik antara pemain dan pelatih. Tapi memang 1,5 tahun terakhir ada situasi yang demanding. Begitu selesai covid intensitas turnamen begitu tinggi. Kami melakukan pembenahan internal dan itu menuntut intensitas pemain dan pelatih,” jelas Agung.

“Di situ memang pasti ada gesekan dan itu indahnya organisasi. PBSI adalah sistem, ada rekrutmen, ada kepelatihan, ada penugasan turnamen yang diselenggarakan PBSI maupun internasional,” tambahnya.

“Tidak ada interaksi dan eksistensi orang per orang, kita melakukan bersama-sama, PBSI punya komitmen membangun suasana latihan yang kondusif denga menjaga disiplin dan semangat kebersamaan. Gesekan itu dalam organisasi biasa, pasti ada gesekan apalagi Kevin masih muda dan Herry IP sudah senior, pasti terjadi gesekan,” tutup Agung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini