Share

6 Jenis Olahraga untuk Bulking, Nomor 1 Paling Mudah Dilakukan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 43 2677763 6-jenis-olahraga-untuk-bulking-nomor-1-paling-mudah-dilakukan-rDiAcEJzYe.jpg 6 Jenis Olahraga untuk Bulking. (Foto: instagram/cristiano)

6 jenis olahraga untuk bulking yang wajib diketahui. Bulking adalah istilah yang biasa dilontarkan oleh binaragawan yang mengacu pada peningkatan progresif massa otot.

Peningkatan itu berupa jumlah kalori yang dikonsumsi di luar kebutuhan tubuh dalam kombinasi dengan latihan beban yang intens.

Sementara beberapa orang mengklaim bahwa bulking adalah pola hidup tidak sehat. Namun, ada yang menganggap bahwa bulking adalah metode yang aman dan efektif untuk mendapatkan massa otot.

Tak hanya pemenuhan asupan makanan, untuk membentuk massa otot dapat dilakukan dengan melakukan olahraga. Lantas, apa saja jenis olahraga untuk bulking? Untuk mengetahuinya, simak ulasan Okezone berikut ini.

Berikut 6 Jenis Olahraga untuk Bulking:

6. Angkat beban

Angkat beban

Seperti disebutkan sebelumnya, angkat beban menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa untuk bulking. Tentunya untuk pemula bisa mengawalinya dengan mengangkat dumbbell dari yang beratnya paling ringan.

Dengan melakukan secara rutin dan menaikkan beratnya secara bertahap berperan penting untuk membuat tangan lebih berotot dan bervolume. Jika telah sanggup mengangkat dengan beban berat, beralihlah menggunakan barbel.

5. Squats

Deep Squat

Squats adalah salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk membesarkan otot kaki dan paha. Cara melakukan olahraga ini cukup mudah.

Yakni, mengambil posisi berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Selanjutnya, turunkan pinggul sampai posisi duduk, tahan selama 5 detik, dan menaikkan kembali. Sebisa mungkin lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Kardio

Latihan Kardio

Sejatinya, olahraga kardio juga diperlukan dalam proses bulking sebab bertujuan untuk membakar lemak pada tubuh. Perlu diingat lagi, bulking membuat tubuh lebih besar dengan menaikkan massa otot, bukan lemak.

Oleh sebab itu, meskipun harus makan dengan porsi yang cukup banyak, lemak tidak akan menumpuk dan membuat tubuh bergelambir. Adapun olahraga kardio yang bisa dilakukan seperti jogging, lompat tali, berlari di treadmill, hingga jumping jack.

3. Push up

Push up

Untuk menaikkan massa otot, selain gerakan di atas juga dapat melakukan gerakan push up secara rutin. Jenis olahraga satu ini bisa dilakukan dengan mengambil posisi tengkurap dengan kedua tangan menumpu ke lantai dengan lurus. Perlahan turunkan tubuh sampai hampir menyentuh lantai, dan naikkan kembali.

Sebisa mungkin ulangi gerakan ini sebanyak 20-30 kali. Dengan melakukan gerakan ini, maka lemak tubuh dapat terbakar dan membesarkan otot dada.

2. Pull up

Pull Up

Pull up adalah gerakan olahraga yang mengandalkan tiang berukuran lebih tinggi. Caranya dengan berdiri tegak dengan kedua tangan memegang erat tiang diatas. Perlahan, angkat tubuh ke atas dan tahan selama 8 detik, baru turunkan kembali.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pastikan kaki tidak menyentuh lantai. Jenis olahraga ini dapat membantu melebarkan bagian back atau punggung sehingga badan terlihat lebih besar.

1. Sit up

Sit up

Sit up juga bisa membantu membesarkan massa otot. Caranya lakukan posisi baring dengan kedua tangan di belakang kepala, serta kaki ditahan oleh penyanggah. Setelah itu, perlahan angkat tubuh bagian atas hingga membentuk sudut 120°.

Kemudian, turunkan kembali secara perlahan. Untuk mendapatkan dada bidang sixpack, dan bervolume ulangi gerakan ini sebanyak 30-50 kali secara rutin setiap harinya.

Demikian 6 jenis olahraga untuk bulking yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini