Share

Susul Indonesia, Mesir Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2036

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 26 September 2022 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 43 2675015 susul-indonesia-mesir-ajukan-diri-sebagai-tuan-rumah-olimpiade-203-Yox0s3eOp9.jpg Mesir siap ajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. (Foto: Twitter/tokyo2020)

KAIRO - Peluang Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 tampaknya semakin sulit. Sebab kabar terbaru menyebut Mesir berniat mengajukan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga multievent terbesar di dunia tersebut.

Hal itu dikemukakan menteri olahraga Mesir Ashraf Sobhi di sela-sela pertemuan dengan presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Kairo, Sabtu 24 September 2022 kemarin.

"Presiden Abdel Fattah al-Sissi telah memberi izin Mesir untuk maju sebagai tuan rumah Olimpiade 2036," ucap Sobhi dikutip Headtopics, Senin (26/9/2022).

Mesir ingin ajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036

Dalam kunjungannua itu, Bach didampingi Komite Olimpiade Nasional Mesir (ENOC) Hisham Hatab untuk membahas sejumlah kelengkapan. Tak hanya itu, Bach juga diajak ke Kota Olimpiade Mesir di Ibu Kota Administratif Baru.

"Kunjungan Bach ke Kairo sangat penting untuk membahas banyak file penting," kata kepala Hisham Hatab dalam sebuah pernyataan dikutip laman AFP.

“Pertemuan Presiden Sisi dengan Bach merupakan langkah penting karena akan menunjukkan dukungan presiden kepada olahraga dan atlet Mesir untuk membuat sejarah,” lanjutnya.

Seperti diketahui, mesir telah membangun kota Olimpiade tersebut sejak 2015 dengan nilai 45 miliar dollar. Ini adalah kompleks olahraga terbesar kedua di Afrika (setelah Stadion FNB Afrika Selatan) dengan memiliki stadion berkapasitas 93.400 penonton.

Ini juga akan mencakup dua ruang olahraga besar, kolam renang ukuran Olimpiade, hippodrome, lapangan tenis, fasilitas squash dan lapangan pelatihan, serta bangunan administrasi, budaya dan hotel.

Mesir ingin ajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036

"Pihak berwenang saat ini sedang menyiapkan file komprehensif terkait hal ini untuk diajukan bersama dengan permintaan yang diajukan ke IOC," kata Sobhi.

Indonesia sendiri sudah mengajukan bidding ke IOC untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Sejauh ini proses sudah berstatus continious dialogue untuk menuju permanent, ongoing dialogue.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini