Share

Tak Mau Ikuti Jejak Roger Federer, Rafael Nadal Ogah Pensiun meski Kerap Cedera

Cikal Bintang, Jurnalis · Senin 26 September 2022 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 40 2675088 tak-mau-ikuti-jejak-roger-federer-rafael-nadal-ogah-pensiun-meski-kerap-cedera-IldHMRLzru.JPG Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal. (Foto: Reuters)

LONDON – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal tampaknya tak mau mengikuti jejak rivalnya, Roger Federer yang memilih pensiun usai mengalami penurunan performa akibat cedera. Nadal sejatinya juga sering cedera akhir-akhir ini, namun hal tersebut tak membuatnya memilih untuk mengantungkan raketnya.

Sebagaimana diketahui, Nadal mengalami cedera parah setelah perutnya mengalami robek tujuh milimeter di Wimbledon 2022. Kala itu, Nadal behasil menembus babak semifinal setelah bertarung hebat dengan Taylor Fritz (Amerika Serikat) di perempatfinal.

Sayangnya, pertarungan hebat itu membuat Nadal harus mengundurkan diri dari semifinal Wimbledon 2022. Nadal yang berusaha pulih akhirnya mampu tampil di Amerika Serikat Open 2022. Namun, ia dikalahkan Frances Tiafoe (Amerika Serikat) di babak 16 besar.

Penurunan performa ini disinyalir karena Nadal masih belum pulih sepenuhnya. Kendati demikian, Petenis berusia 36 tahun tersebut belum memikirkan untuk gantung raket dalam waktu dekat.

“Saya tidak berencana untuk pensiun, tetapi saya harus mengakui bahwa saya hampir membuat keputusan itu di Paris (Prancis Open 2022) tahun ini. Saya pikir Roland Garros bisa menjadi turnamen terakhir saya," kata Nadal dikutip dari Tennis World, Senin (26/9/2022).

"Tetapi, saya mengurungkan niat itu, dan semuanya berubah menjadi bencana bagi saya secara fisik, selama tiga bulan terakhir,” lanjutnya.

“Kaki saya tidak sehat, dan saya cedera perut di Wimbledon dan lagi di New York (Amerika Serikat Open 2022). Di samping kemunduran-kemunduran di turnamen besar, ada hal-hal dan masalah-masalah pribadi. Tetap saja, saya tidak ingin berpikir tentang pensiun karena semuanya tidak sepenuhnya hilang,” sambungnya.

Rafael Nadal

Lebih lanjut, Nadal mengatakan hanya ingin beristirahat sejenak demi memulihkan kondisinya. Selain itu, prioritas pemilik 22 gelar Grand Slam itu juga tertuju pada keluarganya sebelum kembali bertanding lagi.

“Saya ingin pulih secara fisik dalam minggu-minggu mendatang dan melihat semuanya berjalan baik dalam kehidupan pribadi saya; itulah prioritasnya. Saya ingin mengatur hidup saya dengan cara yang benar dan memiliki pikiran dalam segala hal, profesional, pribadi dan fisik. Saya bisa mulai lagi setelah itu," tutup Nadal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini