Share

7 Teknik Dasar Olahraga Anggar Beserta Aturan Permainannya, Nomor 1 Tanda Respek kepada Lawan

Cita Zenitha, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 43 2672402 7-teknik-dasar-olahraga-anggar-beserta-aturan-permainannya-nomor-1-tanda-respek-kepada-lawan-dKFDHKhvll.jpg Berikut 7 teknik dasar olahraga anggar beserta aturan permainannya (Foto: Reuters)

SEBANYAK 7 teknik dasar olahraga anggar beserta aturan permainannya akan diulas dalam artikel ini. Untuk diketahui, bermain anggar tidak bisa sembarangan begitu saja.

Ada sejumlah teknik dasar beserta aturan yang wajib diketahui sebelum melakukan permainan ini. Adanya teknik dasar aturan ini ditujukan agar para pemain tetap berhati-hati meski saling mengalahkan di arena.

Lantas, apa saja teknik dasar olahraga anggar itu? Berikut 7 teknik dasar olahraga anggar beserta aturan permainannya:

7. Teknik Kuda-Kuda (On Guard)

Teknik dasar olahraga anggar beserta aturan permainannya yang diperhatikan pertama adalah mengenai kuda-kuda. Teknik ini digunakan sebagai tanda bahwa seorang pemain anggar sudah siap untuk bertarung.

Untuk melakukan teknik dasar satu ini ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah pastikan kaki sejajar dan membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, tekuk pergelangan tangan, dan arahkan ujung tangan ke arah lawan.

Anggar

6. Teknik Melangkah (Steps)

Selanjutnya ada teknik melangkah yang merupakan dasar dari olahraga anggar. Di dalam olahraga agar, langkah merupakan hal yang wajib diperhatikan.

Teknik langkah dalam anggar ini terbagi menjadi dua, yaitu maju dan mundur. Adapun kedua teknik langkah ini wajib diperhatikan dengan baik. Paling penting adalah Anda harus perhatikan cara kaki Anda melangkah agar tidak menyeret ke lantai, yang membuat Anda tergelincir.

5. Teknik Gerak (Footwork)

Kemudian, ada teknik gerak. Tak jauh beda dari teknik langkah, teknik gerak ini terbagi dua yaitu maju dan mundur. Hal terpenting yang mesti diperhatikan adalah footwork dalam melakukan teknik gerak.

Sebab, kaki jadi tumpuan utama Anda ketika lakukan teknik ini. Oleh karena itu kekuatan otot kaki jadi fundamental dalam melakukan gerakan ini.

Anggar

4. Teknik Menyerang (Lunger)

Selain teknik gerak, ada juga teknik menyerang atau lunger. Teknik satu ini jadi poin penting dalam mematikan pergerakan lawan. Pasalnya, jika Anda sudah bisa menyerang lawan hingga mendesaknya untuk menyerah, Anda bisa menang dalam satu permainan.

3. Teknik Menangkis (Parry)

Jika Anda diserang lawan, teknik ini jadi hal penting yang patut Anda terapkan. Satu catatan penting adalah tidak panik dan tetap menahan penyerangan lawan dengan pedang yang Anda gunakan selama bertanding.

2. Teknik Menghindar (Disengagement)

Masih seputar teknik pertahanan, selain menangkis, Anda juga bisa menghindar dari serangan lawan. Hal yang perlu diperhatikan ketika menghindar adalah fleksibilitas Anda dalam bergerak. Sebab demikian, Anda harus melatih badan Anda agar bisa bergerak fleksibel untuk menghindar dari terkaman lawan.

1. Teknik Hormat (Salute)

Lalu di urutan pertama teknik dasar olahraga anggar beserta aturan permainannya adalah teknik hormat. Biasanya gerakan ini dilakukan sebelum pertandingan dimulai.

Caranya pun sederhana, Anda hanya perlu berdiam sejenak dengan sedikit membungkukan badan sebagai tanda hormat kepada lawan. Hal ini bertujuan untuk saling respek dengan lawan, meski nantinya kedua pemain akan saling berlawanan di arena.

Anggar

Aturan permainan anggar:

Selain 7 teknik dasar olahraga anggar, ada juga aturan dalam bermain anggar. Adapun aturan dalam bermain anggar masing-masing pemain akan berada pada jarak 4 meter. Setelah itu diikuti dengan teknik hormat dan memakai topeng.

Dalam satu tim anggar terdiri dari 3 orang yang akan bertarung. Sistem penilaian elektronik akan memberi tahu jika pemain anggar terkenal tusuk dan kalah dalam pertarungan.

Demikian 7 teknik olahraga anggar beserta aturan permainannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini