Share

Mengenal Pelanggaran Walking dalam Bola Basket

Zseztar Juvendhitama, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 36 2671997 mengenal-pelanggaran-walking-dalam-bola-basket-DcYmahOrP1.jpg Mengenal pelanggaran walking dalam bola basket. (Foto: Instagram/@lakers)

MENGENAL pelanggaran walking dalam bola basket menarik dikulik. Sebab, dengan memahami serba-serbi soal dunia basket, seseorang bisa memainkan olahraga ini dengan lebih baik lagi.

Walking sendiri adalah tipe pelanggaran jenis violation yakni pelanggaran yang lebih spesifik ke peraturan permainan. Lantas, apa itu pelanggaran walking pada bola basket?

Mengenal Pelanggaran Walking dalam Bola Basket

BACA JUGA: Ini Fungsi dan Tujuan Dribbling Bola Tinggi dalam Basket

Pelanggaran walking dalam bola basket adalah pelanggaran seorang pemain saat membawa bola melewati batas langkah dalam permainan basket. Dalam permainan bola basket, seorang pemain ditetapkan melakukan walking apabila membawa bola lebih dari dua langkah dan tidak melakukan dribble, mau dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

BACA JUGA: Sejarah Perbasi dan Fungsinya yang Berjasa untuk Kancah Basket Indonesia

Pelanggaran walking melahirkan batas yang tentu sama dengan perbedaan bola tangan dan basket. Bagi revisi peraturan FIBA pada 2018, jumlah langkah itu tidak menghitung gerakan kaki seorang pemain saat menerima bola dari rekan setimnya.

Lalu, bagaimana pelanggaran walking atau traveling violation tercipta? Hal itu terjadi apabila seorang pemain menggerakkan salah satu kaki yang dipakai sebagai poros dan menginjak ke lapangan tanpa melepaskan bola.

Pada dasarnya, membuat seorang pemain yang mendapat operan, lalu melompat serta menapakkan kembali ke permukaan lapangan, tetapi tidak menembakkan bola, dia akan dikenakan pelanggaran walking.

Mengenal Pelanggaran Walking dalam Bola Basket

Bila seorang pemain berdiri pada saat sedang menguasai bola, tiba-tiba terjatuh di lapangan, dia akan dikenakan pelanggaran traveling violation.

Begitulah penjelasan terkait pelanggaran walking dalam bola basket. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini