Share

Ini Fungsi dan Tujuan Dribbling Bola Tinggi dalam Basket

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 36 2671630 ini-fungsi-dan-tujuan-dribbling-bola-tinggi-dalam-basket-h9wYV1DdeN.jpg Ini fungsi dan tujuan dribbling bola tinggi dalam basket (Foto: Reuters)

INI fungsi dan tujuan dribbling bola tinggi dalam basket yang akan diulas oleh tim Okezone. Seperti diketahui, menggiring bola atau dribble merupakan salah satu fundamental dalam olahraga basket.

Layaknya menggiring bola dengan kaki di olahraga sepakbola, di basket, para pemain wajib men-dribble bola dengan menggunakan tangan. Jumlah teknik dribble sendiri sangat banyak. Hanya saja kali ini, akan diulas mengenai teknik dribbling bola tinggi dalam basket.

Latihan Dribbling Bola

Lantas sebenarnya, apa fungsi dan tujuan dribbling bola tinggi dalam basket? Berikut penjelasannya:

Fungsi dan tujuan dribbling bola tinggi dalam basket adalah untuk mempercepat penyerangan sebuah tim ke area pertahanan lawan. Unuk melakukan ini, dasar dribbling yang baik jadi hal paling penting. Sebab kalau tidak, Anda akan dianggap foul oleh wasit.

Untuk diketahui, menggiring bola (dribbling) dalam bola basket merupakan mengendalikan bola dengan cara dipantul ke lantai, dengan satu tangan. Sebab, apabila dribbling menggunakan kedua tangan maka dikatakan sebagai pelanggaran ‘double dribble’.

Gerakan dribbling dilakukan bukan hanya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Akan tetapi, dribbling ini digunakan untuk melindungi bola agar tidak diambil oleh lawan.

Dribbling sendiri dibagi dua, yaitu rendah dan tinggi. Untuk dribbling tinggi ini sendiri Anda harus bisa seimbangkan dengan gerakan lainnya. Jangan sampai ketika dribbling bola terlalu tinggi.

Latihan Dribbling Bola

Sebab nanti, bola bisa terlepas dari kontrol, dan lawan bisa mencuri bolanya. Satu hal yang perlu diingat, ketika dribbling tinggi usahakan tidak lebih dari bagian bahu Anda. Kemudian, ketika sedang melakukan dribbling tinggi, ambil posisi terbaik Anda, agar bola tidak terlepas.

Selain itu, pastikan kaki dibuka selebar bahu. Serta yang tak boleh terlupa adalah pandangan mata Anda harus lurus ke depan, mengarah ke area pertahanan lawan. Dan yang terakhir, Anda harus jaga fokus, karena melakukan dribble sembari berlari bukan hal yang mudah, jika teknik dasar dribble belum Anda kuasai sepenuhnya.

Demikian informasi mengenai fungsi dan tujuan dribbling bola tinggi dalam basket.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini