Share

Valentino Rossi Pensiun dan Marc Marquez Kerap Absen karena Cedera, Begini Siasat CEO Sepang Ramaikan MotoGP Malaysia 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 38 2663005 valentino-rossi-pensiun-dan-marc-marquez-kerap-absen-karena-cedera-begini-siasat-ceo-sepang-ramaikan-motogp-malaysia-2022-zIOMbhcB2G.jpg Marc Marquez dan Valentino Rossi kala mentas di MotoGP. (Foto: MotoGP)

JAKARTA – CEO Sepang International Circuit (SIC), Azhan Shafriman Hanif, menyadari ada penurunan penonton pada MotoGP 2022 karena faktor Valentino Rossi pensiun dan juga Marc Marquez yang kerap absen karena cedera. Mendapati kondisi ini, Azhan pun membangun siasat untuk meramaikan MotoGP Malaysia 2022.

Ya, penonton MotoGP menurun cukup jauh pada musim 2022 ini tanpa kehadiran sang legenda, Valentino Rossi dan juga absennya Marc Marquez di beberapa balapan. Penurunan jumlah penonton MotoGP di sirkuit pada tahun ini pun menjadi pembicaraan hangat pada akhir-akhir ini.

Valentino Rossi

Balapan yang kurang menarik, strategi penjualan serta promosi yang kurang bagus dari Dorna Sports dituding menjadi penyebabnya. Selain itu, mungkin alasan yang paling jelas adalah karena MotoGP kehilangan sosok ikonik seperti The Doctor -julukan Rossi- yang telah pensiun pada akhir musim lalu.

Padahal, para penggemar Rossi selalu menjadi yang teramai di tribun penonton setiap sirkuit. Mereka kerap hadir dengan warna kuning menyala yang khas dari juara MotoGP tujuh kali itu.

Di sisi lain, penampilan The Baby Alien -julukan Marquez- yang tak kompetitif dalam tiga musim terakhir karena cedera juga disebut mengurangi daya tarik penonton. Sebab, juara MotoGP enam kali itu bisa dibilang merupakan sosok ikonik yang mewarisi kepopuleran Rossi.

Terlebih lagi, sejak akhir Mei, Marquez melipir dari trek karena harus menjalani operasi keempat di lengan kanannya. Alhasil, tidak adanya kedua bintang tersebut menurunkan jumlah penonton MotoGP di sirkuit.

BACA JUGA: Valentino Rossi Pensiun dan Marc Marquez Absen Lama, MotoGP Ditinggal Jutaan Penggemar?

Meski begitu, Azhan tetap optimis balapan di Sepang pada 21-23 Oktober 2022 akan tetap ramai dihadiri penonton. Hal ini diyakini, meski pada pertengahan Agustus penjualan tiket mereka belum mencapai 50 persen dari yang disediakan.

BACA JUGA: 5 Pasangan Juara Dunia Perkuat Tim yang Sama di MotoGP, Nomor 1 Marc Marquez dan Joan Mir

Salah satu alasannya karena Marquez sudah mulai kembali tampil pada tes tengah musim di Sirkuit Misano, San Marino, pada pekan ini. Alhasil, ada harapan dia bakal mentas di MotoGP Malaysia 2022.

"Ya betul Valentino Rossi sudah tidak ada, tetapi semalam saya lihat Marc Marquez sudah kembali ke Misano untuk balapan. Insya Allah kalau dia dapat melanjutkannya, maka dia akan datang ke Malaysia, jadi untuk fans Marquez ini berita yang sangat bagus," kata Azhan kepada awak media, Rabu (7/9/2022).

Lebih lanjut, Azhan mengungkapkan pihaknya akan kembali membuat tribun khusus pendukung The Baby Alien jika dipastikan tampil di Sepang seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, rencananya panitia SIC bakal membuat tribun khusus untuk pembalap bintang lainnya saat ini.

"Jika Marquez tampil di Malaysia nanti, kita mungkin akan membuat lagi tribun khusus pendukung Marquez. Dan kita rencananya juga akan membuat tribun untuk pembalap lain tapi masih belum ditentukan dan akan diumumkan nanti," ujar Azhan.

Marc Marquez

Kemudian, Azhan menjelaskan bahwa saat ini persaingan pembalap papan atas seperti Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia, juga memiliki daya tarik sendiri bagi penonton MotoGP. Untuk itu, keseruan pertarungan rider Yamaha dan Ducati tersebut diharapkan bisa menarik perhatian para penggemar MotoGP untuk meramaikan tribun penonton di sirkuit kebanggaan Negeri Jiran itu.

Bahkan, dengan selisih 30 poin antara Quartararo dan Bagnaia saat ini di puncak klasemen, kemungkinan besar penentuan gelar juara MotoGP 2022 bisa berlangsung di Malaysia. Alhasil, itu bakal menambah antusias penonton MotoGP untuk hadir langsung ke Sepang.

"Selain itu ada pembalap-pembalap yang lain seperti Pecco Bagnaia dan Quartararo yang membuat persaingan MotoGP sangat kompetitif. Jadi itu yang harus kita jual di MotoGP Malaysia nanti," jelas Azhan.

"Dan mungkin nanti gelar juara bisa jadi ditentukan di Malaysia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini