Share

5 Pasangan Juara Dunia Perkuat Tim yang Sama di MotoGP, Nomor 1 Marc Marquez dan Joan Mir

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 01 September 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 38 2658965 5-pasangan-juara-dunia-perkuat-tim-yang-sama-di-motogp-nomor-1-terbentuk-musim-depan-snnHr12HpC.jpg Berikut lima pasangan juara dunia perkuat tim yang sama di MotoGP (Foto: MotoGP)

5 pasangan juara dunia perkuat tim yang sama di MotoGP, akan dibahas Okezone. Semua tim di MotoGP ingin memiliki dua pembalap yang sama kuatnya demi memperbesar peluang memenangkan balapan.

Beberapa tim bahkan pernah diperkuat oleh dua pembalap yang berstatus mantan juara dunia. Berikut lima pasangan juara dunia perkuat tim yang sama di MotoGP:

5. Casey Stoner dan Nicky Hayden (Ducati)

Casey Stoner (Foto: Twitter/@Official_CS27)

Ducati pernah menduetkan dua pembalap yang pernah menjadi juara dunia, yaitu Casey Stoner dan Nicky Hayden. Stoner adalah juara MotoGP 2007 dan Nicky Hayden merupakan pembalap terbaik di MotoGP 2006.

Kedua pembalap berbakat itu berduet pada 2009 dan 2010. Sayang, saat mereka berduet, tidak ada gelar juara yang hadir ke garasi Ducati.

4. Valentino Rossi dan Nicky Hayden (Ducati)

Valentino Rossi dan Nicky Hayden (Foto: MotoGP)

Pasangan mantan juara berikutnya kembali tersaji di Ducati. Kali ini, mempertemukan Valentino Rossi dan Hayden. Sebagaimana diketahui, Rossi telah meraih tujuh gelar juara MotoGP.

Mereka bahu-membahu untuk Ducati pada 2011 dan 2012. Namun, seperti duet mantan juara berikutnya, Rossi dan Hayden gagal memberikan gelar juara untuk Ducati.

3. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (Yamaha)

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Selanjutnya, ada Yamaha yang mempersatukan Rossi dan Jorge Lorenzo. Kedua pembalap ini dipasangkan Yamaha dalam dua periode, yaitu pada 2008-2010 dan 2013-2016.

Namun, kedua pembalap itu baru berduet dengan status mantan juara dunia pada periode kedua. Sebab, Lorenzo baru mendapatkan gelar juara MotoGP pertama dan keduanya pada 2010 serta 2012. Total, dia telah meraih tiga gelar juara MotoGP.

Gelar juara MotoGP terakhir Lorenzo diraih pada 2015 saat berduet dengan Rossi. Uniknya, Rossi adalah rival Lorenzo dalam perebutan gelar juara musim tersebut. Lorenzo dan Rossi terlibat persaingan panas, baik pada periode pertama maupun kedua di Yamaha.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (Honda)

Jorge Lorenzo (Foto: Honda Racing Corporation)

Honda pun pernah menyatukan dua pembalap yang pernah meraih gelar juara, yaitu Marc Marquez dan Lorenzo pada 2019 silam. Pada waktu itu, Marquez sudah mengoleksi lima gelar juara MotoGP.

Saat berduet dengan Lorenzo, Marquez mampu meraih gelar juara MotoGP keenamnya pada 2019. Akan tetapi, Lorenzo gagal bersinar.

Lorenzo banyak absen karena cedera. Bahkan, pada akhir musim 2019, Lorenzo memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya.

1. Marc Marquez dan Joan Mir (Honda)

Joan Mir (Foto: MotoGP)

Posisi pertama tentu diisi oleh Marquez dan Joan Mir yang berduet di Honda mulai musim 2023. Perlu diketahui, Marquez adalah enam kali juara MotoGP. Sementara itu, Mir meraih gelar juara MotoGP pada 2020 saat Marquez absen panjang karena lengan kanannya patah.

Sejak 2019, Honda gagal meraih gelar juara lagi. Pada musim ini, peluang Honda meraih gelar juara pun hampir tertutup karena performa buruk Pol Espargaro dan absennya Marquez. Sekadar informasi, Marquez tengah menjalani pemulihan usai operasi keempat pada lengan kanannya.

Oleh sebab itu, Honda tidak memperpanjang kontrak Pol. Sebagai rekan baru Marquez, Honda merekrut Mir yang berpengalaman bersama Suzuki Ecstar. Keberhasilan Honda merekrut Mir juga terbantu oleh mundurnya Suzuki pada akhir musim 2022. Duet Marquez dan Mir menarik untuk dilihat pada musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini