Share

Profil dan Biodata Kiromal Katibin, Atlet Panjat Tebing Tercepat di Dunia Asal Indonesia

Cita Zenitha, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 04:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 43 2645708 profil-dan-biodata-kiromal-katibin-atlet-panjat-tebing-tercepat-di-dunia-asal-indonesia-GQ1pjuCDMa.jpg Berikut profil dan biodata Kiromal Katibin atlet panjat tebing tercepat di dunia asal Indonesia. (Foto: Instagram/@kiromalk)

PROFIL dan biodata Kiromal Katibin atlet panjat tebing tercepat di dunia asal Indonesia menarik dikulik. Seperti apa sosoknya?

Indonesia punya segudang bakat di dunia olahraga. Tak hanya pada cabang olahraga (cabor) favorit, seperti sepakbola hingga bulu tangkis, Indonesia juga punya atlet berbakat di panjat tebing.

Kiromal Katibin

Salah satu atlet panjat tebing berbakat Indonesia ialah Kiromal Katibin. Baru-baru ini, dia memecahkan rekor sebagai pemanjat tebing tercepat dunia pada International Federation of Sport Climbing (IFSC) 2022 yang digelar di Prancis.

BACA JUGA: Luar Biasa! Atlet Panjat Tebing Indonesia Kiromal Katibin Kembali Pecahkan Rekor Dunia

Ingin lebih mengenal Kiromal Katibin seperti apa? Kali ini, Okezone akan mengupas profil biodata Kiromal Katibin atlet panjat tebing tercepat di dunia asal Indonesia.

Profil Biodata Kiromal Katibin Atlet Panjat Tebing Tercepat di Dunia Asal Indonesia

Nama Lengkap: Kiromal Katibin

Nama Panggilan: Kiki

Tanggal Lahir: 21 Agustus 2000

Asal: Batang, Jawa Tengah

Agama: Islam

Instagram: @kirimalk

Kiromal Katibin atau yang akrab disapa Kiki ini sudah memulai karier panjat tebingnya pada usia 7 tahun. Usia yang sangat dini sekali untuk seorang anak mengenal dunia atlet.

Awalnya, pada acara Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov) yang diselenggarakan di Batang, Kiki melihat aksi panjat tebing di alun-alun. Dari sana, dia mulai tertarik pada olahraga tersebut.

Kiromal Katibin

Pada 2009, ia berhasil mengikuti kejuaraan tingkat nasional daerah. Karier Kiromal Katibin semakin menanjak semenjak mengikuti Kejuaraan Nasional 2011 (Kejurnas) yang diselenggarakan di Jakarta.

Tidak hanya itu, pada 2016, Kiromal Katibin kembali ke Kejuaraan Nasional Bangka. Dia pulang dengan membawa medali emas di nomor speed. Pada Kejuaraan Nasional Padang tahun berikutnya, ia kembali meraih medali emas di nomor speed.

Pada 2019, pria yang mendapat julukan Spider-Man Indonesia ini mengikuti pertandingan International Federation of Sport CLimbing (IFSC). Kejuaraan tersebut diselenggarakan di Bogor dan berhasil membawa pulang medali perak.

Kiromal Katibin kembali unjuk gigi membuktikan kemampuannya dengan rekor baru 5,17 detik di kualifikasi World Cup IFSC di Seoul. Kurang dari sebulan, Kiromal kembali mencetak rekor di IFSC World Cup Salt Lake City 2022 dengan catatan waktu 5,10 detik.

Rekor terbaru, Kiromal cetak pada babak kualifikasi IFSC World Cup Chamonix, Prancis, yang digelar 8 Juni 2022. Dia menorehkan catatan waktu dengan 5,009 detik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini