Share

Berlaga di Ajang Olahraga Tingkat Mahasiswa se-Asia Tenggara, Atlet Renang dan Atletik Bawa Pulang 11 Medali Emas

Hasnugara, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 43 2640940 berlaga-di-ajang-olahraga-tingkat-mahasiswa-se-asia-tenggara-atlet-renang-dan-atletik-bawa-pulang-11-medali-emas-jy0aIaVjsJ.jpg Atlet renang dan atletik bawa pulang 11 medali emas dari ajang olahraga tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara (Foto: Istimewa)

PRESTASI gemilang ditorehkan para atlet renang dan atletik Indonesia. Bagaimana tidak, mereka membawa pulang 11 medali emas ke tanah air dari ajang olahraga pelajar tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara yang digelar di ubon ratchatani, Thailand.

Ini menjadi momentum bagi para mahasiswa bisa mengharumkan nama bangsa di ajang internasional sejak usia muda untuk terus berprestasi. Mereka mampu bersaing dengan para atlet muda dari sejumlah negara Asia Tenggara dan mengharumkan nama bangsa.

Ilustrasi renang (Foto: Istimewa)

Setibanya di Tanah Air melalui terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, para atlet muda berprestasi ini langsung disambut oleh pemerintah melalui pusat prestasi nasional Kemendikbud dengan pemberian bunga sebagai bentuk apresiasi usai berjuang.

Diketahui, untuk cabang olahraga (cabor) renang, para pelajar tingkat mahasiswa ini membawa total 38 medali dengan rincian 10 medali emas, 13 medali perak, dan 15 medali perunggu dari berbagai nomor.

Angel Gabriella Yus, perwakilan dari mahasiswi Institusi Perbanas yang turun dinomor kategori 4 x 200 freestyle putri, mengaku ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti kejuaraan renang tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara. Atas capaian ini, dia bersyukur dan menjadikan kejuaraan ini sebagai bentuk tantangan dalam mengasah kemampuan dalam berprestasi.

Selain itu, atlet dari cabor atletik juga membawa pulang 13 medali dengan rincian satu medali emas, enam medali perak, dan enam medali perunggu. Medali emas diraih oleh Diva Renatta Jayadi, mahasiswi Universitas Negeri Jakarta, yang turun di nomor lompat tinggi galah putri. Dia menyatakan, malaysia menjadi saingan terberat di nomor tersebut, bahkan cuaca yang cukup terik sempat menjadi halangan meski mampu keluar sebagai juara. Meski pernah menjadi atlet nasional yang dikirim ke SEA Games 2019 di Filipina, dia juga berharap bisa masuk dalam pelatnas sehingga diikutsertakan kembali untuk SEA Games mendatang.

Pemerintah, melalui pusat prestasi nasional Kemdikbud, berterima kasih atas capaian para mahasiswa ini dalam mengharumkan nama bangsa dan mampu bersaing di tingkat internasional. Selanjutnya, para atlet ini akan kembali ke pelatnas untuk berlatih dalam mempersiapkan event Islamic Solidarity Games di Turkiye pada Agustus mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini