Share

Kisah Mulyo Handoyo, Pelatih Bulu Tangkis Asal Indonesia yang Melatih di Singapura

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 40 2629066 kisah-mulyo-handoyo-pelatih-bulu-tangkis-asal-indonesia-yang-melatih-di-singapura-h10G3H1NKT.jpg Kisah Mulyo Handoyo, salah satu pelatih bulu tangkis terbaik asal Indonesia (Foto: Okezone)

MULYO Handoyo adalah salah satu pelatih bulu tangkis terbaik di dunia asal Indonesia. Tangan dinginnya terbukti jitu untuk melahirkan pebulu tangkis hebat di nomor tunggal putra.

Salah satu yang paling terkenal adalah Taufik Hidayat. Legenda bulu tangkis Indonesia itu merupakan produk dari tangan dingin Mulyo Handoyo.

Taufik Hidayat (Foto: Okezone)

Taufik juga merupakan didikan Mulyo Handoyo tersukses sejauh ini. Bersama Mulyo Handoyo, legenda bulu tangkis Indonesia itu mampu meraih banyak gelar bergengsi.

Taufik bahkan mampu mendapatkan medali emas Olimpiade Athena 2004. Setahun berselang, Taufik menjadi kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005.

Setelah tidak melatih di Indonesia, Mulyo Handoyo menukangi Tim Bulu Tangkis India untuk sektor tunggal putra pada 2017 hingga awal 2018. Salah satu pebulu tangkis India yang namanya naik di bawah asuhan Mulyo Handoyo adalah Srikanth Kidambi Sai Praneeth.

Kidambi bahkan mampu meraih empat gelar dalam setahun saat diasuh Mulyo Handoyo. Berkat tangan dingin Mulyo Handoyo, Kidambi bisa menempati peringkat satu dunia pada 2018 silam. Kini, dia ada di peringkat 14 dunia.

Usai melepas jabatannya di Tim Bulu Tangkis India pada 2018, Mulyo Handoyo menangani sektor tunggal putra Tim Bulu Tangkis Singapura. Tunggal putra andalan Singapura saat ini, Loh Kean Yew, adalah didikan Mulyo Handoyo.

Prestasi terbaik Loh adalah menjadi kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Gelar juara itu adalah buah dari latihan keras Loh di bawah asuhan Mulyo Handoyo.

Loh Kean Yew (Foto: Instagram/@lohkeanyew)

Pebulu tangkis Singapura itu menjadi yang terbaik usai menamatkan perlawanan Kidambi dalam dua gim langsung, 21-15 dan 22-20. Uniknya, kemenangan itu diraih atas Kidambi yang merupakan mantan murid Mulyo Handoyo.

Sementara itu, Mulyo Handoyo sudah mundur dari tugasnya di Tim Bulu Tangkis Singapura pada 4 Februari 2022 silam. Tugas Mulyo Handoyo di Tim Bulu Tangkis Singapura dilanjutkan oleh mantan asistennya, Kevin Ho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini