Share

Hasil Balapan F1 GP Inggris 2022: Carlos Sainz Jr Raih Kemenangan Pertamanya

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 23:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 37 2622904 hasil-balapan-f1-gp-inggris-2022-carlos-sainz-jr-raih-kemenangan-pertamanya-gDwt4JKKyx.jpg Carlos Sainz Jr menangi balapan F1 GP Inggris 2022 (Foto: Reuters)

SILVERSTONE – Pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr, akhirnya meraih kemenangan pertamanya di F1. Dia menjadi yang tercepat dalam balapan F1 GP Inggris 2022. 

Sergio Perez (Red Bull Racing) dan Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) finis berurutan di belakang Sainz. Ketiga pembalap itu pun naik ke atas podium di Sirkuit Silverstone, Minggu (3/7/2022), malam WIB.

Kecelakaan di F1 GP Inggris 2022 (Foto: Reuters)

Jalannya Balapan

Mentas di Sirkuit Silverstone, Sainz sempat tertinggal dari Max Verstappen (Red Bull Racing) pada awal balapan. Namun, setelah jeda balapan karena insiden kecelakaan Zhou Guanyu (Alfa Romeo), Sainz mampu memimpin balapan hingga akhir.

Setelah lampu hijau dinyalakan, Max Verstappen (Red Bull Racing) langsung memimpin jalannya balapan. Dia unggul tipis atas Carlos Sainz (Scuderia Ferrari).

Namun, bendera merah tiba-tiba berkibar setelah terjadi kecelakaan di tikungan pertama. Insiden ini melibatkan beberapa mobil sehingga Zhou, George Russel (Mercedes AMG Petronas), dan Alexander Albon (Williams) dinyatakan tersingkir.

Mobil Zhou terbalik dan menabrak pembatas. Sementara itu, Albon sempat bersenggolan dengan Sebastian Vettel (Aston Martin).

Kecelakaan itu cukup mengerikan karena Zhou dan Albon harus dibawa ke pusat medis terdekat. Esteban Ocon (Alpine) dan Yuki Tsunoda (Scuderia AlphaTauri) harus masuk pit untuk memperbaiki mobilnya.

Selagi bendera merah berkibar, satu penonton memasuki lintasan. Beruntung, petugas keamanan sigap menangkap pria tidak dikenal tersebut.

Setelah jeda cukup lama, balapan akhirnya kembali dilanjutkan. Dengan komposisi sesuai kualifikasi, Sainz kini menjadi pembalap yang terdepan di grid.

Berbeda dengan awal, Sainz bisa mempertahankan posisinya dari kejaran Verstappen. Akan tetapi, memasuki lap ke-11, Sainz tiba-tiba melebar di tikungan Beckkets. Momentum ini dimanfaatkan dengan baik oleh Verstappen untuk menyalip.

Pada lap ke-12, The Dutch Devil yang melakukan kesalahan. Hasilnya, Sainz kembali memimpin balapan yang disusul oleh Leclerc.

Di sisi lain, Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) menunjukkan perkembangan signifikan. Pembalap asal Inggris itu melaju ke posisi tiga setelah menyalip beberapa pembalap.

Hamilton pun mampu merebut posisi pertama setelah Sainz dan Leclerc diperintahkan masuk pitstop oleh Ferrari. Dua pembalap itu secara bergantian masuk pit untuk mengganti ban.

Memasuki lap ke-40, Sainz dan Leclerc kembali memimpin jalannya balapan setelah Hamilton memasuki pit. Sementara itu, Verstappen terpantau melorot di urutan ketujuh dan Fernando Alonso (Alpine) naik ke posisi lima.

Pada lap ke-50, sejumlah perubahan terjadi setelah Sergio Perez tiba-tiba melakukan tusukan menuju urutan kedua. Namun, Sainz masih kukuh memimpin posisi terdepan pada balapan tersebut.

Pada akhirnya, tidak ada yang bisa mengganggu posisi Sainz hingga garis finis. Pembalap asal Spanyol itu pun meraih kemenangan di F1 GP Inggris 2022 yang sekaligus menjadi kemenangan pertamanya.

Berikut hasil balapan F1 GP Inggris 2022:

1 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari 52 Laps

2 Sergio Perez MEX Oracle Bull Racing + 3.779s

3 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 6.225s

4 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 8.546s

5 Fernando Alonso ESP BWT Alpine F1 Team + 9.571s

6 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 11.943s

7 Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing + 18.777s

8 Mick Schumacher GER Haas F1 Team + 18.995s

9 Sebastian Vettel GER Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 22.356s

10 Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 24.590s

11 Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 26.147s

12 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 32.511s

13 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 32.817s

14 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri + 40.910s

Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team DNF

Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri DNF

Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo F1 Team Orlen DNF

George Russell GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team DNF

Guanyu Zhou CHN Alfa Romeo F1 Team Orlen DNF

Alexander Albon THA Williams Racing

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini