Share

Kualifikasi FIBA World Cup 2023: Timnas Basket Indonesia Simpan Kekuatan Utama saat Lawan Arab Saudi dan Yordania

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 36 2621422 kualifikasi-fiba-world-cup-2023-timnas-basket-indonesia-simpan-kekuatan-utama-saat-lawan-arab-saudi-dan-yordania-jz07nOF9yt.jpg Timnas Basket Indonesia matangkan persiapan jelang FIBA Asia Cup 2022. (Foto: Instagram/perbasi.ina)

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia tidak akan menurunkan kekuatan penuh saat melawan Arab Saudi dan Yordania di Kualfiikasi FIBA World Cup 2022. Hal itu diambil karena PP Perbasi tidak mau kedua negara tersebut tahu kekuatan utama Timnas Basket Indonesia, yang tentunya bisa merugikan skuad Merah-Putih di FIBA Asia Cup 2022.

Seperti yang telah diketahui, Indonesia akan berlaga di Window III Kualifikasi FIBA World Cup 2023 menghadapi Arab Saudi dan Yordania. Kedua pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Istora Senayan, pada tanggal 1 dan 4 Juli mendatang.

Menariknya, Timnas Basket Indonesia berada di Grup A FIBA Asia Cup 2022 yang juga bersama dengan Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Karena saat ini fokus utama adalah mengincar peremptfinal FIBA Asia Cup 2022, maka PP Perbasi melepaskan laga Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Konferensi pers Timnas Basket Indonesia jelang FIBA Asia Cup 2022 (Muammar Yahya/MPI)

Hal itu karena Indonesia bisa dikatakan sudah nyaris dipastikan tidak akan lolos FIBA World Cup 2023 melalui babak kualifikasi. Jadi, Perbasi memutuskan untuk bermain santai saat tampil di ajang tersebut. Langkah itu pun diungkapkan oleh Manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso.

"Di Kualifikasi FIBA World Cup ini kita juga belum ingin memperlihatkan 100 persen kemampuan kita," ujar Jeremy kepada awak media di PP Perbasi, Kamis (30/6/2022).

"Karena kita tidak mau bisa dinilai dengan mudah lebih dulu dari dua negara terserbut," imbuhnya.

Selain itu, Jeremy juga meminta dukungan penuh dari para suporter bagi kesuksesan Timnas Basket Indonesia. Dirinya pun berharap agar Timnas Basket Indonesia bisa kembali mecetak sejarah dengan masuk ke delapan besar demi memastikan diri lolos ke FIBA World Cup 2022

"Walaupun kita punya keuntungan lebih sebagai tuan rumah, saya mohon dukungannya untuk timnas agar kita mereka bisa membuat sejarah lagi di FIBA Asia dan lolos ke FIBA World Cup setelah kita menang di SEA Games," tambahnya.

Timnas Basket Indonesia latihan di Istora Senayan (Cikal Bintang/MPI)

Jadi, Timnas Basket Indonesia menyimpan tenaga saat melawan Arab Saudi dan Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 lantaran dari jalur tersebut, peluang untuk lolos ke putaran final nyaris tidak ada.

Nantinya di FIBA Asia Cup 2022 barulah Timnas Basket Indonesia bermain total dan mengincar perempatfinal agar bisa merebut tiket ke FIBA World Cup 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini