Share

Diam-Diam Tampil Gemilang di Eropa, Syabda Perkasa Belawa Bakal Tembus 10 Besar Dunia?

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 40 2618825 diam-diam-tampil-gemilang-di-eropa-syabda-perkasa-belawa-bakal-tembus-10-besar-dunia-EwhgbFQDcE.jpg Performa tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa kian menanjak. (Foto: PBSI)

TUNGGAL putra asal Indonesia, Syabda Perkasa Belawa diam-diam tampil gemilang dan perkasa sesuai namanya di beberapa turnamen di Eropa. Bila performanya bisa terus berkembang, bukan tidak mungkin Syabda bakal menembus peringkat 10 besar dunia.

Kemampuan Syabda sudah mulai menjadi perhatian saat tergabung di tim Piala Thomas Indonesia. Dia beberapa kali menjadi andalan tim Merah Putih, dan berhasil memberikan kemenangan.

Laju Syabda pun belum berhenti sampai di situ. Walau tampak tak mengikuti rangkaian Indonesia Masters dan Indonesia Open, dia dapat menorehkan prestasi di Eropa.

Syabda Perkasa Belawa

Jika melihat performanya selama bermain di Eropa, tak menutup kemungkinan Syabda dapat menembus 10 besar dunia. Namun, perjalanannya memang masih panjang, dengan statusnya saat ini yang berada di peringkat 375 dunia.

Bukti bahwa Syabda kelak bias menjadi andalan baru di sektor tunggal putra Indonesia adalah ia berhasil meraih gelar di ajang Lithuania International 2022 di Panevezys, Lithuania, pada 9-12 Juni lalu. Dia menang usai mengalahkan sesama wakil Indonesia, Alwi Farhan pada babak final, dengan skor 21-15 dan 21-14.

Setelah itu, pemain berusia 20 tahun itu mengikuti Bonn International 2022. Perjalanan Syabda pun cukup berat, karena harus memulai dari babak kualifikasi. Dia pun terus melaju hingga semifinal.

Sayang, langkah Syabda terhenti di babak semifinal. Dia tumbang dari pemain Taiwan, Su Li Yang lewat rubber game 21-23, 21-13 dan 17-21 dalam durasi 1 jam 23 menit.

Syabda lalu mengikuti Nantes International 2022. Sekali lagi, dia mengikutinya dari babak kualifikasi. Hanya saja, kali ini langkahnya terhenti di babak perempatfinal, usai dibekuk Mads Christophersen asal Denmark.

Syabda Perkasa Belawa

Dengan performanya itu, Syabda tercatat mendapatkan kenaikan ranking yang sangat signifikan. Pasalnya, dia naik hingga 60 tingkat dan kini menempati ranking 375 dunia dengan 5.060 poin.

Sejauh ini memang tunggal putra Indonesia hanya mengandalkan Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito. Dengan kehadiran Syabd, tentu diharapkan tunggal putra Indonesia bisa semakin kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini