Share

Mantan Pelatih Kento Momota Sebut Bulutangkis Indonesia Harus Banyak Belajar dari Jepang

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 40 2618434 mantan-pelatih-kento-momota-sebut-bulutangkis-indonesia-harus-banyak-belajar-dari-jepang-kD9dfx5uz1.jpg Kento Momota salah satu pebulutangkis asal Jepang (Foto: BWF)

MANTAN pelatih tunggal putra Jepang Kento Momota, Imam Tohari mengeluarkan pernyataan menohok buat tim bulutangkis Indonesia. Pria berusia 45 tahun itu menyebutkan tim bulutangkis Indonesia mesti banyak belajar dari Jepang.

Imam Tohari, yang merupakan pebulutangkis ganda campuran Indonesia era 90-an itu mengatakan bahwa tim bulutangkis Indonesia memang unggu dari sisi teknik. Namun, dari segi karakter, tim bulutangkis Indonesia masih belum sehebat Jepang.

Imam Tohari

(Imam Tohari mantan pelatih Kento  Momota)

Sekadar diketahui, setelah pensiun sebagai pemain bulutangkis, Imam Tohari sempat menjadi pelatih di Jepang 10 tahun. Salah satu anak didiknya yang kini menjadi pebulutangkis top dunia adalah Kento Momota.

Setelah tak lagi memperpanjang kontrak di Jepang, Imam Tohari kembali ke Tanah Air. Sempat aktif di Federasi Bulutangkis Indonesia (PBSI), Imam Tohari kini memilih untuk melatih pemain muda di PB Djarum.

Dengan pengalamannya tersebut, Imam Tohari pun memperhatikan sejumlah perbedaan. Salah satunya adalah permainan pemain Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri.

“Ada dua perbedaan, kita itu punya teknik dalam bermain bulutangkis. Contoh, kalau kita ngomongin sepakbola kan identik dengan Brasil dan Argentina. Kalau badminton, kita yang seperti itu,” kaya Imam Tohari di Youtube PB Djarum pada Minggu (26/6/2022).

Hanya saja, permainan tim bulutangkis Indonesia saat ini memang diakui mengalami penurunan. Imam Tohari pun menyebut ada beberapa hal yang dapat dipelajari dari para pemain Jepang. Salah satunya mengenai karakter permainan

Kento Momota

“Kalau untuk mencapai suatu prestasi, apalagi prestasi dunia, tidak cukup itu saja. Jepang sebenarnya tekniknya kalah sama kita, tapi mereka punya karakter yang luar biasa, semangat yang luar biasa, disiplin yang luar biasa,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini