Share

Jajal Motor MotoGP, Pembalap Muslim Penakluk Sirkuit Mandalika Ini Jadi Tandem Fabio Quartararo di MotoGP 2023?

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 38 2615855 jajal-motor-motogp-pembalap-muslim-penakluk-sirkuit-mandalika-ini-jadi-tandem-fabio-quartararo-di-motogp-2023-XzeG0Dry4Q.jpg Fabio Quartararo bakal tandem dengan Toprak di MotoGP 2023? (Foto: MotoGP.com)

PEMBALAP Pata Yamaha yang mentas di ajang World Superbike 2022, Toprak Razgatlioglu, baru saja menjajal motor Yamaha yang biasa mengaspal di ajang MotoGP, YZR-M1. Rider yang memastikan gelar juara World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika ini pun langsung dikait-kaitkan menjadi tandem Fabio Quartararo di Tim Monster Energy Yamaha pada MotoGP 2023.

Tandem Quartararo di Tim Monster Energy Yamaha saat ini, Franco Morbidelli, tampil buruk. Terikat kontrak hingga akhir 2023, Franco Morbidelli gagal tampil maksimal di MotoGP 2022, yang mana kini hanya menempati peringkat 19 klasemen sementara.

Toprak Razgatlioglu

(Toprak Razgatlioglu (kiri) bersama Cal Crutchlow)

Setelah menunggu sekian lama, Yamaha akhirnya memberikan kesempatan kepada Toprak Razgatlioglu untuk menjajal motor YZR-M1. Tes sendiri berlangsung di Sirkuit Aragon, Spanyol.

Toprak Razgatlioglu menjalani tes privat di Sirkuit Aragon tidak sendirian. Toprak Razgatlioglu ditemani Cal Crutchlow yang merupakan test rider Yamaha MotoGP.

Dalam tesnya itu, Toprak Razgatlioglu menyelesaikan total 40 lap. Tes sempat terhenti jelang sesi sore karena hujan turun. Alhasil, pembalap asal Turki itu terpaksa menyudahi tes lebih awal. Pembalap berjuluk El Turco itu juga memberikan komentar mengenai motor Yamaha YZR M1 yang dikendarainya itu.

“Ini adalah hari pertama saya dengan Yamaha M1 dan rasanya sangat berbeda dengan R1. Lebih banyak tenaga, elektronik berbeda, girboks seamless, semuanya benar-benar baru bagi saya. Setiap lap saya belajar lebih banyak, karena tidak mudah beradaptasi dengan mesin MotoGP,” kata Toprak Razgatlioglu dikutip dari Motosan, Rabu (22/6/2022).

El Turco juga mengungkapkan peran Crutchlow yang ikut menemaninya dalam pengetesan cukup berpengaruh. Secara keseluruhan, Toprak Razgatlioglu menilai semuanya berjalan lancar kendati sempat terganggu karena hujan yang mengguyur Sirkuit Aragon.

Toprak Razgatlioglu

“Untungnya, saya ditemani Cal Crutchlow untuk memberikan saran. Ia banyak membantu saya. M1 terasa nyaman, terutama di lintasan lurus yang sangat cepat dan menarik untuk merasakan rem karbon. Kondisinya benar-benar panas hari ini, jadi kami terjebak untuk melakukan lima atau enam putaran, setelah 12 putaran saya mulai mendapatkan perasaan pertama dengan M1,” ujarnya.

“Secara keseluruhan, ini adalah tes yang sangat positif bahkan jika itu dipersingkat oleh hujan sore ini, yang berarti saya tidak mendapatkan lap sebanyak yang saya inginkan. Saya sangat menikmati mengendarai motor MotoGP, terima kasih banyak kepada Yamaha karena memberikan saya kesempatan ini,” tegas Toprak Razgatlioglu.

Yamaha sendiri tidak menjelaskan secara detail YZR-M1 versi berapa yang dikendarai Toprak Razgatlioglu. Tim yang bermarkas di Jepang itu juga tidak membeberkan berapa catatan waktu terbaik sang juara bertahan WSBK tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini