Share

Cuaca Jadi Faktor Utama Alasan Mario Suryo Aji Gagal Bersinar di Moto3 Portugal 2022

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 25 April 2022 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 38 2584555 cuaca-jadi-faktor-utama-alasan-mario-suryo-aji-gagal-bersinar-di-moto3-portugal-2022-5LaNRi8ul9.jpg Mario Suryo Aji gagal finis 15 besar meski start dari posisi kedua di MotoGP Portugal 2022. (Foto: MotoGP)

PORTIMAO โ€“ Pembalap asal Indonesia, Mario Suryo Aji sebelumnya sempat berdoa agar hujan mengguyur Sirkuit Algarve saat balapan Moto3 Portugal 2022 berlangsung. Namun, nyatanya saat race berlangsung lintasan sangat kering karena cuaca cukup terik dan gara-gara hal itu Mario Aji lantas gagal tampil bersinar di Moto3 Portugal 2022.

Lintasan basah diketahui telah membantu pembalap Honda Team Asia itu di sepanjang sesi latihan bebas hingga kualifikasi dan menguasai posisi kedua untuk start. Namun karena balapan nyatanya lintasan sangat kering, Mario Aji lantas kekurangan data untuk memaksimalkan kuda besinya.

Mario sendiri tampil cukup konsisten begitu balapan dimulai. Start dari posisi dua, dia hanya turun satu tempat setelah balapan berjalan satu lap. Sayang, empat lap kemudian, posisinya merosot cukup jauh.

Mario Suryo Aji (MotoGP)

Pembalap berusia 18 tahun itu turun tujuh peringkat ke urutan ke-10 sebelum akhirnya turun satu tempat lagi ke urutan ke-11 satu lap berikutnya. Dia tampak semakin kendor di atas Sirkuit Algarve, sehingga akhirnya finis di posisi ke-16.

Bagi Auyama, performa yang ditampilkan Mario sudah cukup memuaskan. Apalagi setelah balapan yang berjalan dalam cuaca cerah, tanpa adanya kesempatan menjajal lintasan kering

โ€œKami menjalani balapan kering, setelah sepanjang akhir pekan diwarnai hujan. Mario memulai balapan dari posisi kedua, dan minimnya sesi di kondisi kering menghalanginya bersaing dengan rider papan atas,โ€ kata Aoyama di rilis resmi Honda Team Asia.

Mantan pembalap MotoGP itu menyebut situasi cuaca yang tak menentu menyulitkan pembalap debutan, seperti Mario dan rekan satu timnya, Taiyo Furusato.

โ€œWalau demikian, dia bersaing memperoleh poin. Dia sudah bekerja maksimal, dan begitu juga dengan Taiyo. Keduanya membutuhkan lebih banyak pengalaman. Untuk debutan, akhir pekan seperti ini sulit diperkirakan dan tak membantu,โ€ ujarnya.

Mario Suryo Aji

Selain faktor cuaca, masalah ban juga dirasa Mario Aji sebagai alasan ia gagal tampil maksimal di Moto3 Portugal 2022. Ia merasa kondisi ban sudah buruk saat di pertengahan balapan.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini