Share

Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia, Ada Lalu Muhammad Zohri

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 43 2579660 kisah-perjuangan-keras-5-atlet-lari-dunia-asal-indonesia-ada-lalu-muhammad-zohri-6UeIzSqbm8.jpg Kisah perjuangan keras 5 atlet lari dunia asal Indonesia. (Foto: Reuters)

KISAH perjuangan keras 5 atlet lari dunia asal Indonesia ini perlu kita acungi jempol dan dapat dijadikan motivasi untuk meraih prestasi. Indonesia selain dikaruniai dengan berbagai kekayaan alamnya, juga memiliki banyak insan berprestasi.

Prestasi yang didulang salah satunya berasal dari cabang olahraga lari. Tentu saja, kita tidak asing dengan nama Lalu Muhammad Zohri, salah satu atlet lari duni yang berasal dari Indonesia. Dia telah membuktikan bahwa kerja keras, kemauan, dan tekat yang bulat mampu menghantarkannya meraih berbagai juara.

BACA JUGA: 6 Atlet Bulu Tangkis yang Memutuskan Berhijab dan Hijrah, Nomor 1 Mualaf

Nah, seperti apa perjuangan Zohri dan atlet lari lain dari Indonesia untuk meraih prestasi? Berikut adalah Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia.

Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia

5. Triyaningsih

Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia

Atlet lari jarak jauh terbaik yang dimiliki Indonesia bernama Triyaningsih. Ia telah mendulang berbagai prestasi dalam kejuaraan internasional dan nasional.

Prestasi yang diraihnya ini tak lepas dari usahanya dalam berlatih. Ia rajin mengonsumsi madu dan juga rutin berlatih berlari jarak jauh.

4. Suryo Agung Wibowo

Pria yang satu ini mendapat julukan sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara. Hal ini karena ia memecahkan rekor berlari dengan waktu 10,17 detik di ajang SEA Games 2009.

Untuk meraih prestasinya itu, Suyo harus bekerja keras. Bahkan di tengah menjalankan ibadah puasa, ia tetap berlatih. Tak hanya itu, ia juga menjaga nutrisi tubuhnya dengan mengonsumsi pisang dan juga susu coklat 45 menit sebelum latihan.

3. Dedeh Erawati

Dedeh Erawati adalah salah satu atlet lari gawang Indonesia yang mendulang banyak prestasi pada tingkat nasional hingga internasional. Dedeh memulai kariernya sejak 1997. Kendati demikian, untuk meraih prestasinya itu, dia memerlukan perjuangan yang besar.

Selain melatih dirinya dengan rutin berlari, Dedeh juga berlatih angkat beban dan spint dengan parasut sebagai beban. Latihan kerasnya ini akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan.

2. Darmiyanto

Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia

Darmiyanto adalah seorang tukang becak yang saat ini telah berusia 80 tahunan lebih. Beliau telah memulai kariernya sebagai pelari sejak 1968 dan hingga kini ia telah berhasil meraih kurang lebih 171 medali.

Pak Dar -sapaan akrabnya- melatih diri dengan cara berlari dari rumahnya yang ada di Dusun Ngemplak Tugel, Desa Krandon Lor, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, menuju ke pangkalan becaknya, yaitu di Kota Salatiga. Jarak yang ia tempuh sekira 11 km.

1. Lalu Muhammad Zohri

Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia

Bintang masa depan Indonesia yang satu ini merupakan seorang yatim piatu dan hidup dalam kondisi kekurangan. Namun, di balik keterbatasan dan kekurangannya itu, Zohri memiliki kemauan dan tekad yang keras untuk meraih prestasi.

Hal ini dibuktikan dengan perjuangannya dalam berlatih. Ia kerap tidak memakai alas kaki saat berlatih karena tak mampu untuk membelinya.

Perjuangannya berbuah manis setelah dia memenangkan berbagai kejuaraan, salah satunya adalah Kejuaraan Dunia Atletik U-20 pada 2018 dan Kejuaraan Asia pada 2019.

Demikian informasi mengenai Kisah Perjuangan Keras 5 Atlet Lari Dunia Asal Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini