Share

Bappenas Siap Bangun City of Sports di Ibu Kota Baru, Janjikan Lebih Mewah dari Komplek GBK Senayan Jakarta

Tino Satrio, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 43 2558288 bappenas-siap-bangun-city-of-sports-di-ibu-kota-baru-janjikan-lebih-mewah-dari-komplek-gbk-senayan-jakarta-WdryrZeWRc.jpg Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (Foto: Okezone)

MENTERI PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa tengah menyusun rencana membuat City of Sports (komplek olahraga) di Ibu Kota Baru Indonesia, yang berada di wilayah Kalimantan Timur. Hal tersebut dipaparkan langsung oleh Suharso Monoarfa, ketika Rapat Tahunan 2022 Komite Olimpiade Indonesia (KOI), yang berlangsung Selasa (8/3/2022) di Tangerang, Banten.

Sejumlah fasilitas yang dijanjikan Suharso Monoarfa akan membuat para atlet kian tak sabar. Kabarnya komplek olahraga di Ibu Kota Baru akan lebih mewah ketimbang Gelora Bung Karno (GBK) yang ada di Senayan, Jakarta.

GBK Senayan Jakarta

Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi baik di dunia atau Tanah Air semakin memiliki terobosan canggih. Maka dari itu, rancangan itu diyakini bisa mengembangkan olahraga jauh lebih baik lagi.

"Di sana (Ibu Kota Baru) kita akan siapkan fasilitas untuk itu. Mungkin seperti itu (Komplek Geloro Bung Karno)," kata Suharso ketika ditemui awak media, Selasa (8/3/2022).

"Tapi tentang perkembangan teknologi yang semakin baru, komsep City of Sports mungkin akan jauh lebih berbeda dan bisa mengembangkan olahraga jauh lebih, lebih baik lagi," sambungnya.

Suharso sangat optimis olahraga bisa menjadi tumpuan ekonomi dalam beberapa tahun atau dekade yang akan datang bagi Indonesia. Namun rancangan dan eksekusinya harus dilakukan dengan benar.

Salah satu caranya adalah dengan pendekatan industri. Mulai dari pra-sarana infrastruktur yang memadai untuk menunjang perkembangan atlet, maupun meningkatkan kapasitas. Tak luput juga fasilitas yang ada di dalam komplek olahraga di Ibu Kota Baru, juga harus lebih canggih ketimbang yang sudah ada di Jakarta.

Ketua KOI

"Kami berharap olahraga bisa menjadi salah satu tumpuan ekonomi Indonesia pada masa yang akan datang," ucap pria berusia 67 tahun itu.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum (Ketum) KOI, Raja Sapta Oktohari meminta pembangunan City of Sports di Ibu Kota Baru harus didiukung semaksimal mungkin. Dengan nada cadaan, ia juga meminta lahan City of Sports bisa seluas 1000 hektar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini