Share

Usai Ramai Dikritik saat Tes MotoGP, FIM, Dorna, dan ITDC Sepakat Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 22:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 38 2547859 usai-ramai-dikritik-saat-tes-motogp-fim-dorna-dan-itdc-sepakat-sirkuit-mandalika-diaspal-ulang-Ie6IMdUVWN.jpg Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang. (Foto: Instagram/@zulkieflimansyah)

SIRKUIT Mandalika akan diaspal ulang. Hal ini akan dilakukan usai FIM dan Dorna Sports mengumumkan kesepakatan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk melakukan hal tersebut.

Pengaspalan ulang sendiri dilakukan demi kenyamanan dan keselamatan para rider menjelang MotoGP Indonesia 2022. Balapan ini akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

Sirkuit Mandalika

Sebagaimana diketahui, tes pramusim MotoGP 2022 selesai digelar di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari. Sesi uji coba di Sirkuit Mandalika digelar agar tim, khususnya para pembalap, mendapat data dan pengalaman sebelum mereka berlomba di putaran MotoGP Indonesia bulan depan.

Tes pramusim itu juga memberi kesempatan kepada FIM dan Dorna Sports, terutama ITDC serta MGPA sebagai operator lokal, untuk memastikan Sirkuit Mandalika sesuai dengan standar MotoGP. Benar saja, cukup banyak keluhan dari para pembalap mengenai kondisi lintasan.

BACA JUGA: MotoGP Indonesia 2022 Sebulan Lagi, MGPA Siap Tuntaskan PR dari Dorna untuk Sirkuit Mandalika

Bahkan saat hari pertama, tes pramusim sempat dihentikan karena permukaan lintasan yang kotor. Red Flag dikibarkan guna memberikan waktu untuk membersihkan trek.

Akan tetapi, sirkuit tak sepenuhnya bersih. Saat itu, para pembalap juga sempat melakukan pertemuan dengan Komisi Keselamatan.

BACA JUGA: Evaluasi Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Menparekraf Sebut Ada Catatan Penyempurnaan Jelang Balapan Maret 2022

Namun, kotornya lintasan bukan kendala yang paling mengkhawatirkan. Hal yang bikin para rider cemas justru fakta aspalnya mudah terkelupas hingga menciptakan kerikil.

Tak sedikit rider yang terkena lemparan batu di motor, helm, dan tubuh mereka. Banyak pembalap juga mengeluhkan buruknya aspal Sektor 1 dan Sektor 4.

Menanggapi hal tersebut, ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pun bergerak cepat menanggapi keluhan para rider. Mereka berkonsultasi dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP dan FIM selaku badan resmi yang mengawasi homologasi seluruh sirkuit yang dipakai oleh kejuaraan balap yang mereka naungi.

Menurut laporan MotoGP, Selasa (15/2/2022), Dorna Sports dan FIM kini sudah menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Dorna Sports, FIM dan ITDC sepakat akan mengaspal ulang Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika

Sirkuit akan diaspal ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Venue juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP.

Lebih lanjut, FIM dan Dorna juga mengucapkan terima kasih kepada ITDC atas dukungan luar biasa dan reaksi cepat mereka. Mereka pun sangat menantikan untuk bisa kembali ke Sirkuit Mandalika pada MotoGP Indonesia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini