Share

5 Atlet Indonesia Keturunan Tionghoa yang Bawa Harum Merah Putih, Nomor 1 dari Cabor Bulu Tangkis

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 43 2540798 5-atlet-indonesia-keturunan-tionghoa-yang-bawa-harum-merah-putih-nomor-1-dari-cabor-bulu-tangkis-plQH5uWRvY.jpg Rio Haryanto salah satu atlet Indonesia keturunan Tionghoa. (Foto: Reuters)

ATLET Indonesia keturunan Tionghoa yang bawa harum Merah Putih menarik untuk dikulik. Sebab, mereka sudah sukses membawa harum Indonesia di berbagai ajang olahraga bergengsi dunia.

Menilik atlet Indonesia keturunan Tionghoa menarik dilakukan hari ini karena bertepatan dengan Hari Raya Imlek 2022. Hari raya ini biasanya disambut meriah oleh masyarakat keturunan Tiongha di Indonesia, termasuk para atlet yang juga memiliki darah Tiongha.

BACA JUGA: 5 Atlet yang Pilih Fokus Ibadah dan Tinggalkan Karier, Nomor 1 Takut Kiamat

Siapa saja mereka? Berikut lima atlet Indonesia keturunan Tionghoa yang bawa harum Merah Putih.

BACA JUGA: Berprestasi saat Masih Aktif, Begini Nasib 3 Atlet Indonesia Usai Pensiun

5. Rio Haryanto

Salah satu atlet Indonesia keturunan Tionghoa yang bawa harum Merah Putih ialah Rio Haryanto. Dia menjadi salah satu pembalap Indonesia yang sukses berkarier di ajang bergengsi dunia.

Rio Haryanto

Rio Haryanto pernah sukses menembus ajang balap mobil bergengsi, Formula One (F1). Hal itu tepatnya terjadi pada 2016. Sebelumnya, Rio Haryanto berhasil membawa lagu Indonesia Raya berkumandang karena berhasil meraih kemenangan di ajang GP2.

4. Angelique Widjaja

Selanjutnya, ada nama Angelique Widjaja. Atlet Indonesia keturunan Tionghoa ini berkarier di cabang olahraga tenis.

Angelique Widjaja

Angelique Widjaja pun sukses merebut gelar juara Wimbledon Junior pada 2001. Prestasi manisnya berlanjut ke Prancis Open Junior, di mana Angelique kembali merebut gelar juara.

3. Chris John

Di urutan ketiga, ada nama Chris John. Namanya tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia karena prestasi manis yang sudah berhasil diukirnya selama masih aktif di level profesional.

Chris John

Chris John sukses membawa harum nama Indonesia di dunia tinju. Dia pernah menyandang sabuk gelar juara dunia kelas bulu WBA pada 2004-2013. Chris John pun diketahui berdarah Tionghoa.

2. Lindswell Kwok

Kemudian, ada nama Lindswell Kwok. Atlet cantik yang satu ini berkecimpung di cabang olahraga wushu. Prestasi manis pun sukses diraih Lindswell kala masih aktif menekuni karier di level internasional.

Lindswell Kwok

Salah satu yang paling dikenang adalah medali emas di Asian Games 2018. Usai meraih medali itu, Lindswell kemudian mengumumkan pensiun. Atlet berdarah Tionghoa itu pun menjadi mualaf dan menikah dengan rekan seprofesinya.

1. Susi Susanti

Terakhir, ada nama Susi Susanti. Ya, atlet Indonesia keturunan Tionghoa yang satu ini namanya juga sudah tersohor. Bagaimana tidak, prestasi manis berhasil diukir Susi Susanti kala masih aktif menjadi pebulu tangkis profesional.

Susi Susanti

Salah satu pencapaian manis Susi Susati adalah meraih medali emas Olimpiade. Tak ayal, sosoknya dipandang sebagai ratu bulu tangkis Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini