Share

5 Pembalap MotoGP yang Meninggal Dunia di Lintasan Balap, Nomor 1 Libatkan Valentino Rossi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 38 2539472 5-pembalap-motogp-yang-meninggal-dunia-di-lintasan-balap-nomor-1-libatkan-valentino-rossi-7jjIJRAgmj.jpg Valentino Rossi kala menjalani balapan di MotoGP. (Foto: MotoGP)

AJANG MotoGP terkenal dengan duel-duel sengit dalam balapan. Ketatnya persaingan tak jarang menimbulkan kecelakaan yang tak hanya melukai pembalap, namun hingga memakan korban jiwa.

Sejumlah pembalap harus meregang nyawanya kala bersaing di MotoGP. Bukan hanya di kelas utama, persaingan sengit yang memakan korban jiwa juga terjadi dalam balapan di kelas lain dalam ajang ini, seperti Moto2 dan Moto3.

BACA JUGA: Danilo Petrucci Jadi Mantan Pembalap MotoGP Pertama yang Menangi Reli Dakar, Dovizioso Ikut Bangga

Siapa saja pembalap tersebut? Berikut Okezone rangkum 5 pembalap dari ajang MotoGP, Moto2, serta Moto3 yang meninggal dunia di lintasan balap.

BACA JUGA: Valentino Rossi Balapan hingga Umur 42 Tahun, Joan Mir Bilang Begini

5. Jason Dupasquier

Di urutan kelima, ada nama Jason Dupasquier. Kecelakaan tragis pembalap yang satu ini baru terjadi pada tahun lalu. Bersaing di ajang Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia usai terjatuh di MotoGP Italia 2021 yang berlangsung di Sirkuit Mugello.

Jason Dupasquier

Dupasquier mengalami sebuah insiden ketika menjalani Kualifikasi 2 Moto3 Italia 2021. Dia terlibat senggolan dengan rider Tim Red Bull KTM Tech 3, Ayumu Sasaki, serta Indonesian Racing Team Gresini, Jeremy Alcoba, di Tikungan 9.

Gara-gara insiden itu, Sasaki dan Alcoba mengalami cedera parah. Sementara Dupasquier, dia tidak sadarkan diri sehingga harus ditangani oleh petugas medis dan staf medis sirkuit. Setelah 45 menit ditangani petugas medis, Dupasquier pun dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pemeriksaan lanjutan menunjukkan pembalap berusia 19 tahun itu mengalami politrauma di bagian kepala, dada, dan perut. Situasi itu membuat Dupasquier harus menjalani dua kali operasi, namun nyawanya tak tertolong.

4. Luis Salom

Kemudian, ada nama Luis Salom. Kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Luis Salom terjadi pada 2016, tepatnya di ajang Moto2. Pada balapan GP Catalunya, Luis Salom mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas 2.

Luis Salom

Pembalap berusia 24 tahun tersebut gagal melakukan manuver di tikungan 12. Ia terjatuh dan terpental hingga menabrak pembatas lintasan. Motor tersebut pun berbalik dan menimpa tubuh pembalap asal Spanyol itu. Salom langsung dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tetap tidak tertolong.

3. Shoya Tomizawa

Masih dari ajang Moto2, ada kecelakaan tragis yang juga merebut nyawa Shoya Tomizawa. Pembalap asal Jepang itu mengalami kecelakaan kala menjalani balapan di Sirkuit Misano, San Marino, pada 2010.

Shoya Tomizawa

Tomizawa terjatuh saat menjalani sesi balapan. Usai terjatuh, Tomizawa dihantam dua pembalap lain yang berada di belakangnya. Dua pembalap tersebut pun kemudian terlempar ke udara, namun nyawa mereka masih tertolong.

Hal berbeda terjadi kepada Tomizawa. Dia mengalami patah tulang rusuk dan pendarahan hebat di lambung. Cedera di kepala, dada dan perut membuat nyawa Shoya Tomizawa tidak tertolong. Setelah dua jam kecelekaan tersebut terjadi, dia dinyatakan meninggal dunia.

2. Daijiro Kato

Selanjutnya, ada Daijiro Kato. Kali ini kecelakaan tragis terjadi di ajang MotoGP. Pembalap asal Jepang, Daijiro Kato, menjadi korban dari kecelakaan tersebut.

Daijiro Kato

Insiden tepatnya terjadi di Sirkuit Suzuka, Jepang. Daijiro Kato terlibat insiden fatal ketika menggeber motornya dengan kecepatan 200 km/jam.

Motor Kato menabrak pagar pembatas. Kato yang membalap bagi tim Gresini pun tewas di lokasi kejadian. Dia tutup usia di umur 27 tahun.

1. Marco Simoncelli

Terakhir, ada nama Marco Simoncelli. Pembalap muda dari Italia ini juga harus meregang nyawa di lintasan balap. Tepatnya, hal itu terjadi di MotoGP Malaysia 2011. Kecelakaan ini melibatkan sejumlah pembalap, termasuk Valentino Rossi.

Marco Simoncelli

Kecelakaan itu terjadi saat MotoGP Malaysia memasuki lap kedua. Marco Simoncelli yang sedang bersaing dengan Alvaro Bautista di tikungan ke-11 kehilangan kontrol dan terjatuh.

Usai terjatuh, Collin Edward dan Valentino Rossi yang berada di belakang Simoncelli menghantamnya. Kejadian ini menyebabkan helm yang digunakan Simoncelli lepas. Edwards juga terjatuh, namun dia hanya mengalami patah tulang bahu.

Simoncelli sendiri tak sadarkan diri di lintasan. Balapan sempat dihentikan dan Simoncelli langsung dibawa ke pusat medis di Sirkuit Sepang. Namun, nyawanya tak tertolong karena luka fatal yang dialami Simoncelli.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini