Share

Tatap MotoGP 2022, Dorna Sport Ingin Jadikan Indonesia dan Malaysia sebagai Contoh

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 38 2532623 tatap-motogp-2022-dorna-sport-ingin-jadikan-indonesia-dan-malaysia-sebagai-contoh-CRtZ0lmtEi.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

MADRID โ€“ CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, ingin menjadikan tes pramusim di Indonesia dan Malaysia sebagai acuan penyelenggaraan MotoGP 2022. Tak ayal, dia berharap hasil positif didapat dari tes di pramusim di dua negara itu demi menunjukkan kesiapan menggelar balapan MotoGP di tengah pandemi.

Pada Februari 2022, sesi uji coba pramusim memang akan dimulai. Ada uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari. Disusul kemudian, pengetesan di Sirkuit Mandalika di tanggal 11-13 Februari.

Sirkuit Mandalika

Hanya saja, muncul kekhawatiran jika balapan di kedua negara tersebut batal. Maklum, saat ini dunia masih berada dalam pandemi yang penyebarannya masih belum menunjukkan penurunan.

BACA JUGA: Dorna Sports Ancam Batalkan Balapan jika Harus Karantina, MotoGP Indonesia Bisa Gagal?

BACA JUGA: Perlahan Kondisi Mulai Membaik, CEO Dorna Sports Yakin Marc Marquez Bakal Tampil di MotoGP 2022

Oleh sebab itu, Ezpeleta ingin Indonesia dan Malaysia menjadi contoh bagi negara lain. Dengan begitu, seluruh seri MotoGP 2022 dapat diadakan tanpa diganggu dengan virus Covid-19.

โ€œDari sisi kami, uji coba di Malaysia dan Indonesia akan menjadi bukti akan situasi terkini. Seharusnya, tidak bisa lebih buruk. Tetapi, jika mereka tak bisa memberikan hasil positif, kami akan menjaga jumlah balapan tetap sama,โ€ kata Ezpeleta dikutip Mundo Deportivo, Sabtu (15/1/2022).

Selain itu, Ezpeleta juga menolak jika harus menjalani isolasi mandiri dalam waktu lama. Hal tersebut menjadi penghalang ketika balapan di sejumlah negara, seperti yang terjadi di tenis.

Marc Marquez

โ€œMereka dapat meminta kami menunjukkan sertifikat vaksin atau dokumen lainnya. Oleh sebab itu, kami harus bisa ke AS sebagai uji coba. Lalu kami bisa berkata jika telah menuju AS, Malaysia atau Indonesia. Sistem serupa sudah kami aplikasikan di WSBK,โ€ ujarnya.

Indonesia kembali masuk kalender balap MotoGP. Musim ini, balapan MotoGP di Indonesia akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini