Share

Drama Berlanjut, Pemerintah Australia Cabut Visa Novak Djokovic

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 40 2532285 drama-berlanjut-pemerintah-australia-cabut-visa-novak-djokovic-H6ZPyS7RsI.JPG Petenis asal Serbia, Novak Djokovic. (Foto: Reuters)

MELBOURNE - Petenis asal Serbia, Novak Djokovic dipastikan takkan bisa mengikuti ajang Australia Open 2022. Hal itu tak terlepas dari keputusan Pemerintah Australia yang mencabut kembali visa milik Djokovic, bahkan ia pun terancam tak mendapatkan visa hingga tiga tahun ke depan.

Sebelumnya, pemerintah Australia memang sudah membatalkan visa Djokovic. Namun, setelah dibawa ke pengadilan, dia bebas dan memperoleh pengecualian terkait kondisi vaksinasinya.

Menteri Imigrasi Australia, Alex Hawke, rupanya masih memperjuangkan keselamatan rakyatnya. Dia pun dengan resmi sekali lagi membatalkan visa milik pemain asal Serbia tersebut.

“Dengan kekuasaan saya, berdasar pasal 133C(3) mengenai keimigrasian, visa yang dipegang Tn. Novak Djokovic dibatalkan. Hal ini diambil atas dasar kesehatan dan keselamatan publik,” kata Hawke dikutip The Age, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Lempar Kritik Keras, Tsitsipas Nilai Novak Djokovic Bisa Bahayakan Australia Open 2022

Novak Djokovic

Hawke juga diketahui mengambil keputusan mengenai Djokovic usia mengumpulkan informasi. Dengan begitu, keikutsertaan sang pemain di Australia Terbuka 2022 diperkirakan batal.

“Dalam membuat keputusan ini, saya mengumpulkan informasi yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri, Imigrasi dan juga Tn. Djokovic. Pemerintahan tetap bertekad untuk melindungi perbatasan Australia terkait pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kontroversi terus mencuat lantaran petenis nomor satu dunia itu dicekal visa perjalanannya oleh pemerintah Australia. Padahal sebelumnya, Djokovic telah diberikan pihak penyelenggara Australia Open 2022 pengecualian vaksin Covid-19.

Namun Djokovic dianggap melanggar persyaratan deklarasi perjalanan dengan tidak menjalankan isolasi setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Desember 2021 lalu. Djokovic akhirnya harus mendekap di tahanan imigrasi untuk sementara.

Menariknya lagi, kabar dari Sky Sports, Jumat (14/1/2022), menyebut pemerintah Australia juga memutuskan untuk mengirim pulang Djokovic. Hal itu membuatnya hampir pasti gagal bersaing di Australia Open 2022.

Novak Djokovic

Tidak hanya itu, pemerintah Australia juga menginstruksikan Djokovic untuk segera kembali ke negaranya. Meski begitu, pemain berusia 34 tahun tersebut masih bisa mengajukan banding.

Hanya saja, Djokovic harus benar-benar mempertimbangkan keputusannya sebelum banding. Pasalnya, dia akan menghadapi hukuman yang berat, jika akhirnya kalah dalam banding.

Apabila Djokovic kalah dalam banding itu, maka pemerintah Australia tidak akan memberikan visa untuknya selama tiga tahun. Artinya, dia baru bisa kembali mengikuti Australia Terbuka pada 2026.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini