Share

Tim Serbia Tanpa Novak Djokovic di ATP Cup 2022

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 40 2524591 tim-serbia-tanpa-novak-djokovic-di-atp-cup-2022-8tKSASghyu.jpg Novak Djokovic absen dari Tim Serbia di ATP Cup 2022 (Foto: Reuters)

SIDNEY - Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, tidak akan tampil di ATP Cup 2022 yang berlangsung di Sydney, Australia, 31 Desember 2021 hingga 9 Januari 2022. Djokovic mengundurkan diri dari Tim Serbia. Hal ini dikonfirmasi pihak penyelenggara acara tersebut, Rabu (29/12/2021).

Penyelenggara ATP Cup mengungkapkan pengunduran diri Djokovic dalam pembaruan roster. Setelah memasukkan Prancis menggantikan Austria di ajang 16 negara dan mundurnya Dominic Thiem serta Dennis Novak, kini giliran Djokovic yang mundur.

Novak Djokovic (Foto: Reuters)

"Serbia tetap dalam kompetisi dan akan dipimpin oleh peringkat 33 dunia, Dusan Lajovic," kata penyelenggara acara dalam sebuah pernyataan dikutip laman ABC, Rabu (29/12/2021).

Peringkat kelima Andrey Rublev dari Rusia juga tidak akan main. Rekan setimnya, Aslan Karatsev dan Evgeny Donskoy, juga tidak akan tampil.

BACA JUGA: Novak Djokovic Masih Bungkam soal Status Vaksin Covid-19, Begini Tanggapan Stefanos Tsitsipas

Ada spekulasi kuat mengenai partisipasi Djokovic dalam acara tersebut dan di Australia Open 2022 yang dimulai pada 17 Januari 2022 mendatang. Pemain berusia 34 tahun itu berulang kali menolak untuk mengatakan apakah ia telah divaksinasi Covid-19 atau belum.

Juara Australia Open sembilan kali itu imbang dengan Roger Federer dan Rafael Nadal untuk rekor 20 gelar tunggal putra Grand Slam. Artinya, Australia Open 2022 mendatang dimungkinkan tanpa persaingan di anatara mereka bertiga.

Sementara itu, penyelenggara Australia Open telah menetapkan bahwa semua peserta harus divaksinasi terhadap COVID-19 atau memiliki pengecualian medis yang diberikan oleh panel ahli independen.

Kepala eksekutif Tennis Australia, Craig Tiley, mengatakan sebelumnya pada Desember, bahwa sekelompok kecil pemain dan staf akan diizinkan masuk ke Melbourne Park tanpa divaksinasi setelah diberikan pengecualian medis. Akan tetapi, sejauh ini, belum ada pemain yang memberi tahu ofisial, bahwa mereka telah menerima pengecualian.

Novak Djokovic (Foto: Reuters)

Berdasarkan idealisme Djokovic yang mengatakan protokol kesehatan itu adalah privasi, Tiley tidak tahu apakah pemain Serbia itu telah meminta pengecualian medis atau tidak. Ia tidak akan pernah tahu kecuali juara sembilan kali itu mengungkapkannya sendiri.

Tiley mengatakan, jika Djokovic tetap ada di turnamen itu berarti dia telah divaksin atau diberikan pengecualian. "Itu pilihannya," kata Tiley.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini