Share

Loh Kean Yew Bisa Jadi Juara Dunia, Irwansyah Harap Semangat Tunggal Putra Indonesia Terlecut

Cikal Bintang, Jurnalis · Sabtu 25 Desember 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 40 2522310 loh-kean-yew-bisa-jadi-juara-dunia-irwansyah-harap-semangat-tunggal-putra-indonesia-terlecut-TUg1ZQXv7I.jpg Loh Kean Yew kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 (Foto: Instagram/@reallohkeanyew)

JAKARTA – Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, membuat kejutan dengan menjadi kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Padahal, dia tidak diunggulkan untuk menjuarai turnamen bergengsi ini.

Nama Loh Kean Yew langsung menjadi sorotan usai menorehkan catatan tersebut. Asisten Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, menyatakan, bahwa pencapaian Loh harus menjadi cambukan semangat bagi tunggal putra Indonesia.

Loh Kean Yew (Foto: Reuters)

Apalagi, kiprah tunggal putra Indonesia di 2021 dinilai kurang mentereng. Bagaimana tidak, pencapaian terbaik tunggal putra Indonesia adalah saat Anthony Sinisuka Ginting merengkuh medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Sisanya, tunggal putra Indonesia selalu gagal masuk ke partai pamungkas turnamen yang digelar Federasi Badminton Dunia (BWF). Terbaru, prestasi terbaik tunggal putra diwakili Jonatan Christie yang langkahnya terhenti di semifinal Indonesia Open 2021.

BACA JUGA: Pelatih Anthony Ginting dan Jonatan Christie Sudah Tahu Cara Kalahkan Loh Kean Yew

Kendati demikian, Irwansyah menilai level permainan tunggal putra Indonesia tidak tertinggal dari Loh. Hanya saja, Dewi Fortuna belum menghampiri tunggal putra Indonesia.

β€œYa, pastinya sebagai cambukan juga sih ya dengan (Loh Kean Yew) Singapura itu bisa juara dunia itu. Kalau dilihat dari permainan, kita juga sebenernya tidak tertinggal, tapi belum aja jadi juara dunia,” kata Irwansyah kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (25/12/2021).

Anthony Sinisuka Ginting (Foto: MPI/Bagas Abdiel)

Untuk membenahi hal tersebut, Irwansyah menilai harus ada peningkatan dari sisi mental dan pikiran. Sebab, menurutnya, tunggal Indonesia sering terlihat bermain kurang lepas dan justru terbebani.

β€œTapi, dari pikiran dan mental harus dibenahi supaya lebih yakin, supaya lebih bisa main lepas,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini