Soal Perpanjang Kontrak dengan Suzuki di MotoGP, Joan Mir Punya Syarat Khusus

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 38 2511229 soal-perpanjang-kontrak-dengan-suzuki-di-motogp-joan-mir-punya-syarat-khusus-VIaF1myVSl.jpg Joan Mir saat mentas di MotoGP. (Foto: MotoGP)

PALMA – Juara MotoGP 2020, Joan Mir, punya syarat khusus yang harus dipenuhi Suzuki Ecstar jika ingin melanjutkan kerja sama dengannya. Mir baru akan memperpanjang kontrak dengan Suzuki jika tim pabrikan asal Jepang itu memiliki ambisi yang sama dengannya.

Sebagaimana diketahui, setelah melakukan uji coba di Jerez akhir November 20211, Mir masih belum puas dengan performa motor GSX-RR 2022 miliknya. Dia merasa masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dari kuda besinya itu.

Joan Mir

Menurut pembalap asal Spanyol itu, tim-tim lain di MotoGP telah berkembang dengan pesat dan memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Sementara Suzuki, mereka dinilai belum bisa menyetel motornya seperti yang dia harapkan.

BACA JUGA: 6 Pembalap yang Juara MotoGP di Era Valentino Rossi, Nomor 1 Musuh Terbesar The Doctor

Untuk itu, Joan Mir masih ragu untuk melanjutkan masa baktinya bersama tim yang telah dibelanya ketika menjadi rookie di kelas utama pada 2019. Namun, dia akan bertahan jika timnya bisa memenuhi keinginannya.

BACA JUGA: Joan Mir Akui Suzuki Kalah Cepat dari Yamaha dan Ducati

"Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Tetapi jika saya melihat Suzuki menginginkan hal yang sama seperti saya, saya pasti akan bertahan,” kata Mir dilansir dari Crash, Jumat (3/12/2021).

Performa pembalap berusia 24 tahun itu pada MotoGP 2021 terbilang cukup stabil. Dia bisa finis di urutan tiga pada klasemen akhir meskipun sama sekali tidak pernah memimpin lap saat balapan.

Padahal, dua pembalap di atasnya, yakni Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia punya catatan yang sangat impresif. Mereka masing-masing memimpin balapan sebanyak 99 dan 150 lap.

Oleh karena itu, Mir sangat ingin Suzuki bisa mengembangkan motornya sehingga bisa tampil lebih cepat lagi. Jika dengan motor lamanya dia bisa finis di urutan tiga, maka jika motor GSX-RR 2022-nya ditingkatkan dia bisa bersaing lebih sengit lagi dengan Quartararo dan Bagnaia.

Joan Mir

Sekadar informasi, Bos Suzuki, Shinichi Sahara, pun masih senang dengan performa kedua pembalapnya, yakni Mir dan Alex Rins. Dia mengatakan pada seri terakhir di Valencia 2021 lalu bahwa dia tidak berencana untuk mengganti anak buahnya saat ini. Karena itu, Mir sangat diharapkan bisa terus bekerjasama dengan timnya.

"Saya tidak punya alasan untuk mengganti pembalap saat ini,” pungkas Shinichi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini