6 Pembalap yang Juara MotoGP di Era Valentino Rossi, Nomor 1 Musuh Terbesar The Doctor

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 38 2509670 6-pembalap-yang-juara-motogp-di-era-valentino-rossi-nomor-1-musuh-terbesar-the-doctor-2N7Z2gZ93B.jpg Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

VALENTINO Rossi telah resmi pensiun dari MotoGP berbarengan dengan berakhirnya musim 2021. Tak dapat dipungkiri The Doctor adalah salah satu pembalap terhebat yang pernah mentas di ajang balap tersebut.

Ketika Rossi sedang jaya-jayanya, ia benar-benar tak terbendung. Tapi ada saja pembalap yang mampu keluar sebagai juara dunia ketika Rossi masih aktif menjadi rider dan hal itulah yang membuat persaingan di MotoGP menarik. Lantas siapa saja pembalap hebat itu?

Berikut 6 Pembalap yang Juara MotoGP di Era Valentino Rossi:

6. Nicky Hayden

Nicky Hayden bersama Valentino Rosssi

Selama berkarier di MotoGP dari 2003 hingga 2016, Hayden pernah merasakan satu gelar juara dunia, tepatnya di musim 2006. Kala itu Hayden satu tim bersama Dani Pedrosa untuk membela Repsol Honda.

Apa yang dilakukan Hayden terbilang sensasional karena ia menghentikan rentetan gelar juara dunia Rossi yang sudah berlangsung sedari 2001 (masih 500cc). Rossi kala itu mengakhiri sebagai runner-up.

5. Casey Stoner

Valentino Rossi vs Casey Stoner

Stoner adalah pembalap kesayangan Ducati karena hanya dirinya yang bisa membuat tim pabrikan Italia itu menjadi juara dunia MotoGP, tepatnya di musim 2007. Kala itu pembalap asal Australia tersebut langsung bisa menjadi juara MotoGP di tahun keduanya ia naik ke kelas utama.

Rossi sendiri lagi-lagi gagal menjadi juara setelah di MotoGP 2006 diambil oleh Hayden. Namun, Stoner juga pernah menjadi juara dunia saat membela Honda, tepatnya di MotoGP 2011 silam. Pada musim tersebut Rossi yang debut bersama Ducati justru finis di urutan ketujuh.

4. Jorge Lorenzo

Valentino Rossi vs Jorge Lorenzo

Lorenzo adalah rekan setim Rossi saat masih di Yamaha dulu, namun persaingan mereka terbilang sangat panas. Sekali pun satu tim, Lorenzo dan Rossi saling sikut untuk bisa menjadi juara dunia.

X-Fuera –julukan Lorenzo– pun beberapa kali pernah berhasil menjadi pemenangnya alias menjadi juara dunia MotoGP. Tepatnya sebanyak tiga kali, yakni di 2010, 2012, dan 2015.

3. Joan Mir

Joan Mir

Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020. Rider yang membela Suzuki Ecstar itu terbilang menjadi juara di tengah kondisi yang unik alias sedang pandemi virus corona.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, MotoGP 2020 digelar hanya 14 seri dan berlangsung di sembilan sirkuit saja. Jadi, beberapa balapn dilangsung di sirkuit yang sama.

Langkah itu diambil karena banyaknya sirkuit yang tak bisa menggelar balapan karena pandemi. Mir pun menjadi juara dengan status satu kali menang saja dari 14 seri yang diikutinya. Mir bisa menjadi yang terbaik karena dapat konsisten beberapa kali finis di podium.

Kala itu Rossi hanya bisa finis di urutan ke-15 setelah beberapa kali gagal finis dan sempat terkena virus Covid-19.

2. Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Quartararo adalah pembalap terakhir yang menang di era Rossi berada. Quartararo yang pindah ke tim pabrikan Yamaha itu langsung tancap gas hingga akhirnya menjadi juara MotoGP 2021.

Rossi puas finis di posisi 18 dengan 44 poin. Itu merupakan hasil terburuk yang pernah dirasakan Rossi dan sayangnya tercipta di tahun terakhirnya di MotoGP.

1. Marc Marquez

Valentino Rossi vs Marc Marquez

Tak ada pembalap selain Marc Marquez yang bisa menghentikan dominasi Rossi di MotoGP. Sebelum Marquez debut di MotoGP pada 2013, Rossi berhasil mengoleksi tujuh gelar jura dunia di kelas utama tersebut.

Setibanya Marquez, ia langsung menjadi juara dunia, sedari 2013 hingga 2019. Hanya 2015 rider asal Spanyol itu gagal jadi juara karena kalah saing dengan Lorenzo.

Rossi sendiri memberikan perlawanan di sepanjang 2014 hingga 2016 karena finis sebagai runner-up. Namun, Marquez benar-benar tak terbendung hingga kini The Baby Alien itu sudah mengoleksi enam gelar MotoGP atau hanya tertinggal satu trofi lagi untuk menyamai pencapaian Rossi.

Marquez sangat layak disebut sebagai musuh terbesar The Doctor di MotoGP. Tapi kini Rossi sudah tak lagi di ajang balapan tersebut setelah memutuskan pensiun di akhir MotoGP 2021. (RNR)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini