Cedera ACL, Kondisi Terkini Ribka Sugiarto Diungkap sang Pelatih Eng Hian

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 40 2510328 cedera-acl-kondisi-terkini-ribka-sugiarto-diungkap-sang-pelatih-eng-hian-pyRYgePVgM.jpg Ribka Sugiarto (kanan) mengalami cedera ACL. (Foto: Humas PP PBSI)

RIBKA Sugiarto mengalami cedera ligamen lutut anterior (ACL). Hal itu dikonfirmasi pelatih ganda putri PP PBSI, Eng Hian.

"Memang cedera ACL dari semenjak jatuh di Piala Uber. Ya terus dia lanjut terus kan Denmark, Prancis, Jerman, Indonesia Masters. Itu perihnya sudah enggak tahan. Memang dari Denmark open sudah saya tahan dia, enggak usah dipaksakan, namanya anak muda udah dua tahun enggak pertandingan, mereka merasa masih kuat," kata Eng Hian di Bali International Convention Centre, Rabu (1/12/2021).

Ribka Sugiarto

(Ribka Sugiarto saat ditemui di jeda Indonesia Badminton Festival. (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

Akan tetapi, hasil yang dicapai Ribka Sugiarto bersama pasangannya, Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga memuaskan. Salah satunya mereka menembus babak semifinal Hylo Open dan perempatfinal Prancis Open 2021.

Untungnya cedera ACL Ribka Sugiarto sejauh ini belum berada di atas level lima. Eng Hian dan tim medis pun menyarankan Ribka Sugiarto untuk menjalani terapi hingga empat minggu ke depan.

"Sejauh ini tidak ada (operasi). Level cederanya itu di bawah lima tapi memang harus istirahat karena ada robekan. Memang tidak ada arahan untuk operasi kecuali kalau sudah level tujuh atau delapan mungkin ada arahan ke situ. Empat minggu ke depan memang full terapi. Next lihat perkembangannya," sambung Eng Hian.

BACA JUGA: Punya Hubungan Spesial, Rian Ardianto dan Ribka Sugiarto Impikan Juara Bareng

Eng Hian pun mengungkap kekecewaan yang dirasakan pemain jebolan PB Djarum tersebut. Namun, dengan hal ini Ribka Sugiarto bisa mendapat pelajaran untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi fisik, terutama ketika sudah cedera.

"Ya pasti ada kecewa (dari Ribka), tapi sekarang kondisinya begini. Saya berikan masukan ini pelajaran bagus buat dia. Penjagaan itu yang paling penting dari pengobatan," lanjut Eng Hian.

Ribka Sugiarto

"Banyak pemain-pemain muda kita yang melupakan itu karena merasa masih kuat. Rata-rata yang lebih disiplin itu yang sudah senior," imbuhnya.

Lebih lanjut, Eng Hian memprediksi Ribka Sugiarto untuk kembali tampil di turnamen internasional pada Februari 2022. Namun, jika perkembangannya membaik, ia bisa menyiapkan Ribka Sugiarto untuk langsung ikut turnamen pada Januari 2022.

Seiring kemungkinan pensiunnya Greysia Polii akhir tahun ini, duet Ribka/Siti bisa dibilang menjadi ganda putri andalan Tanah Air selanjutnya. Jadi tentu harapannya Ribka Sugiarto bisa segera sembuh dan kembali dengan performa yang lebih dahsyat. (Bur)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini