F1 Berduka, Pendiri Tim Williams Meninggal Dunia

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 37 2508758 f1-berduka-pendiri-tim-williams-meninggal-dunia-KklcqOQfaq.jpg Frank Williams meninggal dunia (Foto: Reuters)

GROVE - Formula One (F1) berdukacita. Sebab, pendiri tim Williams Racing, Frank Williams, meninggal dunia pada usia 79 tahun, Minggu (28/11/2021).

Kondisi kesehatan Frank Williams memang sudah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dia pun dilarikan ke rumah sakit beberapa hari lalu. Sayang, beliau wafat pada hari ini.

Frank Williams (Foto: Reuters)

โ€œSetelah dilarikan ke rumah sakit pada Jumat, Sir Frank meninggal dunia dengan tenang di sekitar keluarganya. Hari ini, kami memberikan penghormatan kepada sosok yang dicintai dan menjadi inspirasi,โ€ bunyi pernyataan resmi tim Williams.

BACA JUGA: Resmi Balik ke F1, Alex Albon Jadi Rekan Baru Nicholas Latifi di Williams Racing

Didirikan pada 1977, Williams merupakan tim tertua keenam yang saat ini ada di F1 2021. Mereka hanya kalah dari tim pabrikan, seperti Scuderia Ferrari, Mercedes, Alfa Romeo, Renault, dan McLaren.

Sejak didirikan oleh Frank Williams, tim yang bermarkaskan di Grove itu sudah mengantongi 7 titel juara dunia pembalap dan 9 gelar konstruktor. Selain itu, mereka juga sudah memiliki 114 kemenangan dan 312 podium.

Mata jeli Frank Williams melahirkan sejumlah juara dunia. Williams pernah menjadi tim besar dan memiliki banyak pembalap bintang, seperti Ayrton Senna, Damon Hill, Jacques Villenueve, dan Keke Rosberg.

Frank Williams (Foto: Reuters)

Sayang, keluarga Williams terpaksa harus menjual kepemilikan tim kepada Dorilton Capital pada 2020 lalu. Hasil itu menyusul kesulitan keuangan yang dialami oleh tim tersebut pada beberapa musim terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini