Final Indonesia Open 2021: Kalahkan Sederet Unggulan, Jonathan Christie Tantang Shesar Hiren Rhustavito di Final?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 40 2507092 final-indonesia-open-2021-kalahkan-sederet-unggulan-jonathan-christie-tantang-shesar-hiren-rhustavito-di-final-8uVEweoL5h.jpg Jonatan Christie bidik gelar juara Indonesia Open 2021. (Foto: Badminton Photo)

JONATAN Christie bertekad menembus final dan menjadi juara Indonesia Open 2021. Ia ingin mengakhiri paceklik gelar juara wakil Tanah Air di nomor tunggal putra Indonesia Open yang berlangsung sejak 2012.

Terakhir kali wakil Indonesia menjadi kampiun Indonesia Open nomor tunggal putra adalah Simon Santoso. Saat itu di partai puncak, Simon Santoso mengalahkan tunggal putra China, Du Pengyu, dengan skor 21-18, 13-21 dan 21-11.

Jonatan Christie

(Jonatan Christie buru gelar juara Indonesia Open 2021)

“Ya pasti ada motivasi di setiap turnamen. Tapi memang karena ini di Indonesia dan pertandingan ini seperti home tournament buat kita, pastinya jadi motivasi buat saya dan temen-temen lain,” kata Jonatan Christie kepada awak media, Rabu (24/11/2021).

“Mungkin kalau Indonesia Masters udah ada Ginting yang pernah menang, tapi Indonesia Open terakhir 2012, jadi pastinya ada motivasi lebih. Apalagi ini Super 1000 yang setara dengan All England atau China Open, pastinya ya ada motivasi lebih,” lanjut Jonatan Christie.

Namun, untuk menjadi juara, pebulu tangkis peringkat delapan dunia ini harus mengalahkan sederet unggulan. Di babak 16 besar, Jonatan Christie akan menghadapi sang junior yang menduduki peringkat 50 dunia, Chico Aura Dwi Wardoyo. Di atas kertas, Jonatan Christie dapat menumbangkan sang junior.

BACA JUGA: Jonatan Christie Bertekad Juara Indonesia Open 2021

Akan tetapi, memasuki babak perempatfinal lawan berat akan dihadapi peraih medali emas Asian Games 2018. Jonatan Christie berpotensi menghadapi unggulan ketiga asal Denmark, Anders Antonsen, di babak delapan besar.

Sejauh ini Jonatan Christie unggul secara rekor pertemuan, yakni lima kemenangan berbanding tiga. Andai lolos ke semifinal, wakil Denmark lain yang ditempatkan sebagai unggulan kedua, Viktor Axelsen, bakal menghadang Jonatan Christie.

Viktor Axelsen

(Jonatan Christie bisa bertemu Viktor Axelsen di semfinal Indonesia Open 2021)

Viktor Axelsen sejauh ini unggul head-to-head 2-4 atas Jonatan Christie. Meski begitu, rekor pertemuan tak bisa dijadikan tolok ukur untuk menentukan kemenangan.

Di partai puncak, unggulan pertama asal Jepang, Kento Momota, bisa menghadang Jonatan Christie. Namun, terciptanya All Indonesian Final masih mungkin terjadi.

Sebab, di bagan atas masih ada wakil Indonesia lain di nomor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito. Hari ini di babak 16 besar, Vito akan menghadapi wakil Denmark, Rasmus Gemke. Kemenangan dibidik Vito demi membuka peluang tampil di BWF World Tour Finals yang digelar di Indonesia pekan depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini