Share

5 Pemain yang Dapat Kartu Hitam dan Kartu Merah Paling Fenomenal dalam Permainan Bulu Tangkis

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 40 2503502 5-pemain-yang-dapat-kartu-hitam-dan-kartu-merah-paling-fenomenal-dalam-permainan-bulu-tangkis-JbpLDBebFX.jpg Pemain yang dapat kartu hitam dan kartu merah paling fenomenal dalam permainan bulu tangkis, salah satunya Greysia Polii (Foto: Reuters)

PEMAIN yang dapat kartu hitam dan kartu merah paling fenomenal dalam permainan bulu tangkis akan dibahas Okezone. Kartu kuning (pelanggaran ringan), merah (pelanggaran berat atau ringan dan berulang), dan hitam (amat berat) akan diberikan wasit kepada pebulu tangkis yang melakukan pelanggaran.

Kuning bermakna peringatan dan merah berarti berpindah servis atau lawan mendapatkan poin jika pelanggaran terjadi dalam reli. Lalu, hitam adalah yang paling berat karena pebulu tangkis itu akan didiskualifikasi. Berikut lima pemain yang dapat kartu hitam dan kartu merah dalam permainan bulu tangkis:

5. Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) – All England 2019

Pemain yang Dapat Kartu Hitam dan Kartu Merah Paling Fenomenal dalam Permainan Bulu Tangkis

(Marcus Fernaldi Gideon dapat kartu merah di All England 2019, foto: Okezone)

Ganda putra Indonesia, Marcus Fernadi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, bernasib sial di babak pertama All England 2019. Saat melawan wakil China, Liu Cheng/Zhang Nan, Marcus menerima kartu merah karena dianggap mengulur waktu dengan terlambat masuk ke lapangan saat gim kedua akan dimulai. Pada akhirnya, The Minions pun kalah 19-21, 22-20, dan 17-21.

4. Tommy Sugiarto (Indonesia) – All England 2019

Pemain yang Dapat Kartu Hitam dan Kartu Merah Paling Fenomenal dalam Permainan Bulu Tangkis

(Tommy Sugiarto dapat kartu merah di All England 2019, foto: PBSI)

Masih dari ajang All England 2019, kartu merah kembali dikeluarkan wasit untuk wakil Indonesia. Jika sebelumnya, Marcus, kali ini adalah tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto.

Meski begitu, Tommy mampu menang atas lawannya. Dia mengalahkan wakil China, Huang Yuxiang, dengan skor 22-24, 21-17, dan 21-16.

3. Wang Shixian (China) – All England 2016

Pemain yang Dapat Kartu Hitam dan Kartu Merah Paling Fenomenal dalam Permainan Bulu Tangkis

(Wang Shixian menerima kartu merah di final All England 2016, foto: Reuters)

Selanjutnya, kartu merah diterima tunggal putri China, Wang Shixian, saat melawan wakil Jepang, Nozomi Okuhara, di final All England 2016. Dia terkena kartu merah karena tindakan konyolnya, yaitu menggigit kuku yang dianggap mengulur waktu.

Kartu merah itu harus dibayar mahal oleh Shixian. Sebab, dia kalah dari Okuhara dengan skor 11-21, 21-16, dan 19-21.

2. Iskandar Zulkarnain Zainuddin (Malaysia) – Austria Open 2015

Pemain yang Dapat Kartu Hitam dan Kartu Merah Paling Fenomenal dalam Permainan Bulu Tangkis

(Iskandar Zulkarnain Zainuddin dapat kartu merah di final Austria Open 2015, foto: Djarum Badminton)

Tunggal putra Malaysia, Iskandar Zulkarnain Zainuddin, menempati posisi kedua. Dia menerima kartu kuning, lalu kartu merah dari wasit saat melawan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus, di final Austria Open 2015.

Kartu kuning didapatkan Iskandar karena mengulur waktu dengan mengikat sepatu saat tertinggal di match point di gim ketiga. Selanjutnya, dia menerima kartu merah karena protes dan istirahat tanpa izin dari wasit. Kartu merah itu pun otomatis membuat Ng Ka Long Angus menang.

1. Yu Yang/Wang Xiaoli (China), Jung Kyung-eun/Kim Ha-na (Korea Selatan), Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korea Selatan), dan Greysia Polii/Meiliani Jauhari (Indonesia) – Olimpiade London 2012

Pemain yang Dapat Kartu Hitam dan Kartu Merah Paling Fenomenal dalam Permainan Bulu Tangkis

(Greysia Polii dapat kartu hitam di Olimpiade London 2012, foto: PBSI)

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh empat pasang ganda putri, yaitu Yu Yang/Wang Xiaoli (China), Jung Kyung-eun/Kim Ha-na (Korea Selatan), Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korea Selatan), dan Greysia Polii/Meiliani Jauhari (Indonesia). Mereka menerima kartu hitam di Olimpiade London 2012.

Kartu hitam diterima mereka dari wasit karena dianggap bermain tidak serius demi kalah sehingga mendapatkan lawan mudah di babak berikutnya. Alhasil, keempat pasang ganda putri itu pun didiskualifikasi. Akan tetapi, Greysia membayar tuntas sejarah kelam itu dengan meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini