Share

5 Pembalap yang Kontak Fisik dengan Valentino Rossi di MotoGP, Nomor 1 Sampai Baku Hantam

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 38 2499038 5-pembalap-yang-kontak-fisik-dengan-valentino-rossi-di-motogp-nomor-1-sampai-baku-hantam-lxQrUgVoas.jpg Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. (Foto: Reuters)

VALENTINO Rossi sudah mendekati akhir kariernya di MotoGP. Dia hanya tinggal melakoni satu balapan lagi di musim ini, yakni MotoGP Valencia 2021. Setelah itu, Rossi akan pensiun dan menyudahi karier panjang nan tersohornya di MotoGP.

Sepanjang kariernya, The Doctor -julukan Rossi- meninggalkan banyak sekali momen mengesankan di dunia balap MotoGP. Mulai dari prestasi hingga perseteruannya dengan sejumlah pembalap di MotoGP.

BACA JUGA: Marc Marquez Bikin Valentino Rossi Gagal Juara MotoGP 2015, The Doctor: Ia Sakiti Hati Saya!

Beberapa pembalap memang diketahui pernah berduel sengit di atas lintasan dengan Rossi demi memperebutkan kemenangan. Sengitnya duel bahkan membuat Rossi kerap mengalami senggolan motor dengan sejumlah rival. Bahkan, ada juga yang sampai terlibat baku hantam dengan Rossi.

BACA JUGA: Jalani Balapan Terakhir, Valentino Rossi Dibantu Pembalap Lain agar Raih Podium Ke-200 di MotoGP?

Mari menilik nama-nama pembalap yang mengalami hal tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima pembalap yang kontak fisik dengan Valentino Rossi di MotoGP.

5. Jorge Lorenzo

Di urutan kelima, ada nama Jorge Lorenzo. Rossi pernah bersitegang dengan Jorge Lorenzo kala melakoni balapan di MotoGP Belanda 2018.

Jorge Lorenzo

Momen itu bermula kala Lorenzo yang berhasil memimpin perlombaan tiba-tiba ditabrak oleh Rossi yang berada tepat di belakangnya. Lorenzo pun mengaku terkejut dan takut saat hal itu terjadi.

Pasalnya, Lorenzo tidak mengetahui alasan dan siapa pembalap yang melakukan hal tersebut. Pembalap berjuluk X-Fuera itu sendiri merasa bahwa penampilannya tak mengganggu siapa pun saat itu.

Tak ayal, kondisi ini membuat Lorenzo kesal bukan main dengan Rossi. Namun, dia mengaku tetap bersyukur tidak mendapatkan dampak yang besar dari insiden tersebut. Ia pun dapat menyelesaikan perlombaan hingga garis finis, namun Lorenzo harus puas bertengger di posisi ketujuh dengan catatan waktu 41 menit 18,325 detik.

"Momen yang menakutkan di MotoGP Belanda 2018 adalah saat Rossi menabrak bagian motor saya, tapi saya tidak tahu apa yang terjadi di belakang saya. Saya tidak tahu apakah itu akan menyebabkan seseorang jatuh,” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Speedweek.

"Kami bersentuhan lebih dari 200 km/jam dan kami beruntung tidak terjatuh. Di tikungan 12, Ducati milik Lorenzo mengunci dan saya menabraknya. Faktanya mungkin saya bahkan membantunya bangkit kembali saat menyentuhnya," ujar Valentino Rossi sambil tertawa.

4. Sete Gibernau

Kemudian, ada nama Sete Gibernau. Momen kontak fisik Rossi dengannya terjadi beberapa kali, salah satunya pada 2005. Tepatnya, mereka bersenggolan di MotoGP Jerez 2005.

Sete Gibernau dan Valentino Rossi

Saat itu di tikungan lap terakhir MotoGP Jerez 2005, Valentino Rossi dan Sete Gibernau terlibat insiden setelah bersenggolan. Insiden ini memberi dampak buruk dalam balapan Gibernau.

Dia gagal finis karena terpental ke gravel. Sementara Valentino Rossi, dia bisa tetap mulus keluar sebagai pemenang. Tak ayal, aksi Rossi mengundang cemooh suporter.

3. Casey Stoner

Nama selanjutnya adalah Casey Stoner. Soal rivalitas Rossi dengan Stoner memang sudah bukan rahasia lagi. Keduannya kerap bersaing sengit karena bertarung memperebutkan gelar juara MotoGP pada 2007-2010.

Casey Stoner

Rivalitas ini pun kerap berujung pada insiden dalam balapan. Keduanya pun bersenggolan dalam balapan MotoGP Amerika Serikat 2008 yang berlangsung di Laguna Secca. Kala itu, Valentino Rossi melewati Casey Stoner secara kasar di tikungan Corkscrew. Valentino Rossi pun terbebas dari pelanggaran. Namun, aksinya menuai sejumlah kritik.

"Saya merasa itu kemenangan krusial dalam perebutan gelar MotoGP 2008. Saya masih ingat balapan ini. Di Laguna Seca, Casey selalu sangat cepat,” kata Valentino Rossi mengutip dari Motorcycle Sports.

2. Marc Marquez

Dengan Marc Marquez, ada sederet insiden panas yang dialami Valentino Rossi selama kariernya di MotoGP. Salah satu yang paling dikenang adalah MotoGP Malaysia 2015.

Valentino Rossi dan Marc Marquez

Kala itu, tensi panas mewarnai balapan karena Rossi sudah tampak jengkel dengan Marc Marquez yang tampak membantu Jorge Lorenzo untuk menjadi juara dunia. Rasa jengkel itu pun makin memuncak karena Rossi dihadapkan persaingan sengit dengan Marquez dalam balapan.

Saat itu, Valentino Rossi ketahuan menendang Marc Marquez hingga terjatuh. Sejak saat itu, hubungan Valentino Rossi dan Marc Marquez tak pernah membaik. Bahkan, ada banyak insiden lain yang terjadi, termasuk di MotoGP Argentina 2018.

1. Max Biaggi

Terakhir, ada nama Max Biaggi. Kontak fisik Rossi dengan pembalap yang satu ini bahkan berujung pada adu jotos. Hal itu tepatnya terjadi pada MotoGP 2001.

Max Biaggi dan Valentino Rossi

Suasana memanas dalam balapan MotoGP Catalunya 2001. Rossi pun memulai balapan dari pole position, namun dia gagal mempertahankan posisinya hingga terus melorot.

Usaha Rossi untuk memperbaiki posisinya pun berbuah insiden dengan Max Biaggi. Sebab, aksi agresifnya membuat motornya menyenggol Biaggi. Pada akhirnya, Rossi finis pertama disusul Biaggi.

Usai balapan, keduanya pun terlibat adu jotos di belakang podium. Rossi dan Biaggi yang awalnya cekcok secara omongan, berakhir dengan adu pukul. Panitia sampai harus memisahkan mereka agar segera naik ke podium.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini