Fabio Quartararo Juara MotoGP 2021, Dovizioso: Dia Sulit untuk Ditiru

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 38 2492140 andrea-dovizioso-nilai-fabio-quartararo-sulit-untuk-ditiru-OXix8Mc9sk.jpg Fabio Quartararo juara MotoGP 2021. (Foto: MotoGP)

MISANO – Pembalap tim Petronas SRT Yamaha, Andrea Dovizioso, mengomentari soal penampilan Fabio Quartararo di MotoGP 2021 yang sudah berbuah gelar juara. Dovizioso yang mencoba mempelajari gaya balap dari Quartararo mengakui bahwa hal yang dilakukan sang pembalap sulit ditiru.

Seperti yang diketahui, Quartararo berhasil memastikan titel juara dunia. Hal itu dilakukan dengan hanya berada di posisi keempat pada MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Minggu (24/10/2021).

Fabio Quartararo

Uniknya, Quartararo sendiri memang cukup konsisten sepanjang tahun ini. dia selalu bisa bersaing di lima besar, meski lintasannya cenderung tak terlalu mendukung Yamaha.

BACA JUGA: Yamaha Melempem di Sirkuit Misano, Dovizioso: Kami Perlu Temukan Solusinya

Selain itu, pembalap asal Prancis tersebut menjadi satu-satunya rider Yamaha yang tampak bisa beradaptasi dengan motor Yamaha YZR-M1. Sementara Dovizioso serta Valentino Rossi dan Franco Morbidelli mengalami kesulitan.

BACA JUGA: Sabet Juara MotoGP 2021, Fabio Quartararo Berbagi Kunci Suksesnya

Oleh sebab itu, Dovizioso pun mulai mempelajari gaya balap dari Quartararo. Namun. Dovizioso mengakui jika sulit untuk dapat secara konsisten dalapan seperti sang juara dunia.

“Dia bisa konsisten, karena dapat mengaplikasikan gaya balap yang sama di segala lintasan. Dia dapat berkendara seperti itu setiap berada di sirkuit. Bukan dengan mencari grip terbaik di lintasan,” kata Dovizioso dikutip Motorsport, Selasa (26/10/2021).

“Dia juga dapat melaju cepat di segala kondisi, temperatur dan sirkuit dengan cara yang sama. Dia mengerem sangat keras. Padadal, bukan hal mudah untuk mengerem di menit akhir dan langsung menikung seperti dia,” ujarnya.

Andrea Dovizioso

“Namun, dia melakukannya dengan sangat mudah. Jika memperhatikan lajunya di setiap latihan bebas, dia melakukan hal tersebut selama lima atau enam lap dan tak mengalami perubahan. Dia juga tak membuat kesalahan,” tutur Dovizioso.

Dovizioso sendiri diketahui belum bisa meraih satu pun gelar juara di MotoGP. Dia harus puanya hanya menjadi runner-up dalam tiga musim beruntun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini