Indonesia Dinyatakan Tidak Patuh oleh Badan Anti-Doping Dunia, Tak Bisa Jadi Tuan Rumah Kompetisi Olahraga

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 43 2483042 indonesia-thailand-dan-korea-utara-dinyatakan-tidak-patuh-oleh-badan-anti-doping-oBu1g3O39i.jpg Badan Anti-Doping Dunia (WADA). (Foto: Reuters)

BADAN Anti-Doping Dunia (WADA) mengeluarkan pernyataan yang menyebut Indonesia, Thailand, dan Korea Utara tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif. Dengan begitu, Indonesia dan 2 negara lainnya itu dinilai tidak memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah kompetisi olahraga di tingkat regional, benua, ataupun dunia.

Sebagaimana diwartakan Reuters, Jumat (8/10/2021), Korea Utara, Thailand, dan Indonesia dinyatakan tidak patuh oleh WADA pada Kamis 7 Oktober 2021.WADA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Badan Anti-Doping Nasional (NADO) Korea Utara dan Indonesia dinyatakan tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif.

WADA. Foto: Reuters

Sementara itu, untuk Thailand, mereka dinilai gagal menerapkan sepenuhnya Kode Anti-Doping 2021. Karena itu, ketiganya akan menerima sanksi terkait hal tersebut.

BACA JUGA: Gigit Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020 Milik Atlet Sofbol Jepang, Wali Kota Nagoya Rela Dipotong Gaji

BACA JUGA: Akibat Tolak Tanding Lawan Atlet Israel di Olimpiade Tokyo 2020, Pejudo Aljazair Ini Diskors 10 Tahun

Selama masa penangguhan, ketiga negara itu tidak bisa menjadi tuan rumah kompetisi olahraga. Hal ini berlaku untuk level kejuaraan di tingkat regional, benua, ataupun dunia karena dinilai tak memenuhi syarat.

Selain itu, perwakilan dari Indonesia, Thailand, dan Korea Utara juga tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite. Sanksi ini berlaku sampai negara mereka selesai dari masa penangguhan.

Untuk masa penangguhan sendiri, lama waktunya masih belum bisa dipastikan. Hal ini bisa berlaku untuk jangka waktu satu tahun atau lebih lama lagi.

Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Reuters

Meski begitu, atlet dari Indonesia, Thailand, dan Korea Utara masih diizinkan mengikuti kompetisi di kejuaraan regional, benua, maupun internasional. Namun, bendera nasional dari ketiga negara itu tidak boleh dikibarkan, selain di ajang Olimpiade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini